Pertamina menggalakkan inklusi di lingkungan kerja melalui komunitas PERTIWI.

Dunia-Ilmu.com – Untuk mendorong isu inklusif di seluruh lingkungan kerjanya, PT Pertamina (Persero) di Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan (PERTIWI) Pertamina Tanguh mengadakan Program Kick Off 2023 dan talkshow motivasi dengan tema “He for Her: Men as”. “Mitra dalam Mewujudkan Kesetaraan Gender dalam Bisnis” Acara digelar di Ballroom Grha Pertamina (4/5/2023).

PERTIWI Pertamina adalah komunitas pekerja Pertamina yang bertujuan untuk mengedepankan aspek inklusif dalam bisnis dan manajemen di Pertamina. Anggotanya tidak terbatas pada karyawan perempuan tetapi juga karyawan laki-laki yang mendukung inklusi gender dalam organisasi.

Tahun ini, PERTIWI Pertamina memperkenalkan beberapa program yang berfokus pada pengembangan potensi pekerja perempuan dan talenta muda di dalam perusahaan untuk mempersiapkan mereka menjadi pemimpin masa depan Pertamina.

Program-program yang diusung oleh PERTIWI Pertamina dilakukan untuk meningkatkan jumlah perempuan pada posisi kepemimpinan. Di tahun Mencapai 18,1 persen pada akhir 2022, naik dari 14 persen pada akhir 2021.

Untuk mencapai tujuan tersebut, PERTIWI Pertamina saat ini memiliki 95 coach dan 402 coach yang bekerja dalam pembinaan dan pendampingan di Pertamina. Juga 173 sesi konseling sebagai langkah nyata menuju penerapan tempat kerja yang saling menghargai.

Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina Bapak Eri Sugiharto berharap kehadiran PERTIWI Pertamina dapat menjadi katalisator yang menyeluruh dalam kegiatan perusahaan, membantu seluruh pekerja mengeluarkan potensinya untuk berkontribusi maksimal bagi perusahaan.

“Kegiatan PERTIWI tahun ini diharapkan dapat menjadi tonggak dalam meningkatkan kesadaran para pekerja dan para pemimpin laki-laki di Pertamina dan BUMN lainnya untuk mendukung para mitra perempuannya untuk mengeluarkan seluruh potensinya sebagai pemimpin di perusahaan,” ujar Eri.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan Pertamina dan Ketua Komunitas PERTIWI Pertamina Emma Sri Martini mengatakan bahwa PERTIWI telah banyak berkontribusi bagi perusahaan dengan terlibat dalam berbagai program dan jabatan direktur.

“Dua tahun setelah berdirinya PERTIWI, banyak kontribusi yang telah diberikan kepada perusahaan dengan kebijakan, program pelatihan untuk pelatih, sharing session, kerjasama dengan mitra ilmu. Kedepannya akan banyak lagi program-program untuk mendorong pemberdayaan perempuan dan kepemimpinan perempuan di grup Pertamina, melibatkan level direksi, sehingga program ini memberikan kontribusi yang lebih baik.“Kami berharap dapat memberikan kontribusi,” kata Emma.

Teddy Bharata, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN dan Srikandi BUMN Tina Tina Kemala Intan menyampaikan apresiasinya kepada PERTIWI Pertamina atas langkah konkrit yang dilakukan. Inisiatif PERTIWI Pertamina sejalan dengan kerangka kerja Pertamina yang lebih besar untuk memastikan keberlanjutan bisnis yang mendukung keragaman. Ini adalah bagian penting agar Pertamina tetap relevan di masa depan.

Program yang dilaksanakan oleh PERTIWI Pertamina ini diharapkan dapat direplikasi di BUMN lain yang berdampak nyata bagi perkembangan perempuan di Indonesia.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/pertamina/2023/05/06/pertamina-dorong-inklusivitas-di-lingkungan-kerja-melalui-komunitas-pertiwi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

POST ADS1

POST ADS 2