PSI mengajukan permohonan sebagai badan terkait dalam uji materi sistem proporsionalitas terbuka di Mahkamah Konstitusi

PSI mengajukan permohonan sebagai badan terkait dalam uji materi sistem proporsionalitas terbuka di Mahkamah Konstitusi

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Juru bicara Partai Persatuan Indonesia (PSI) Ario Bimo mengatakan, pihaknya akan mengajukan permohonan sebagai pihak terkait dalam uji materi sistem proporsional terbuka yang tertuang dalam UU Nomor 7 tentang Pemilu Mahkamah Konstitusi (MK).

 

Lamaran akan disampaikan dalam waktu dekat.

 

Ario mengatakan salah satu penyebabnya adalah cacat konstitusional yang bisa dihadapi PSI jika kasus ini terus berlanjut.

 

Mahkamah Konstitusi diharapkan memutuskan bahwa hal ini merupakan kewenangan pembuat undang-undang atau kebijakan hukum yang jelas.

 

Baca juga: Sistem proporsional tertutup yang diterapkan Dede Yusuf merugikan artis yang lolos menjadi caleg.

 

Pada Kamis (5/1/2023), ia menyampaikan pidato kekompakan di Basecamp DPP PSI Jakarta Pusat bertajuk Kelebihan dan Kekurangan Sistem Tertutup Seimbang.

 

Karena sekarang, termasuk anggota legislatif kita yang pekerja keras, mereka harus dipilih secara langsung sebagai wakil rakyat. Kami merasa ini adalah praktik yang baik dalam demokrasi saat ini.

 

Menurut dia, permohonan uji materi yang diajukan sejumlah kader partai politik dan warga negara Indonesia terkait sistem pemilu legislatif mempengaruhi langkah PSI menuju Pileg 2024.

 

Karena itu, menurut dia, wajar jika PSI berbadan hukum sebagai pihak terkait.

 

Ia mengatakan, PSI lebih siap dengan sistem terbuka dan proporsional dengan penataan dan infrastruktur yang ada.

 

“Namun, karena ini pidato publik, berarti kita harus bersiap mengikuti pemilu dengan sistem tertutup dan berkeadilan,” katanya.

 

“Selain itu, kesempatan ini akan kami gunakan untuk mengukur posisi politik partai lain yang sebenarnya. Ini bisa digali lebih jauh setelah kami perkuat pertanyaannya,” ujarnya.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2023/01/06/psi-akan-ajukan-permohonan-sebagai-pihak-terkait-dalam-uji-materi-sistem-proporsional-terbuka-di-mk

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama