Pelestarian Festival Seni Budaya Pencak Silat digelar di Desa Beji, Depok

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Pentas seni tradisional dan pencak silat digelar di Desa Beji, Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat pada Minggu (22/1/2023) dalam acara ‘Budaya Literasi Beji’.

 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Santri Support Ganjar (SDG). 

 

Sejumlah karya seni dari beberapa galeri seni budaya dipamerkan, di antaranya pameran kelompok Haduroh Dewan Taklim di Depok.

 

Koordinator SDG Nasional Asep Amiruddin mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan masyarakat Beji untuk melestarikan budaya di daerahnya.

 

“Festival seni ini dimulai SDG bersama para pelestari budaya di Depok. Kami mendukung masyarakat Beji untuk melestarikan budaya di daerahnya,” kata Asep.

 

Asep menjelaskan bahwa pertunjukan seni bela diri dan budaya seperti Pencak Silat sangat erat kaitannya dengan para siswa. Hal ini dikarenakan para santri mempelajari pencak silat di berbagai pesantren.

 

“Tadi kami melihat pertunjukan pencak silat yang dibawakan oleh anak-anak muda dari sanggar berbeda. Ada juga irama terbalik di sini sebagai tradisi.”

 

Selain acara pencak silat, acara ini menggemakan doa bersama untuk kebaikan Indonesia dan doa agar Ganjar Pranowo menjadi presiden tahun 2024. 

 

Sementara itu, Mustika Matasoya Beji konsultan sanggar seni tradisional Pencak Silat Sunardi berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut karena kegiatan ini melestarikan kesenian tradisional Pencak Silat di Depok. 

 

“Acara ini sangat bagus. Kami telah mengundang beberapa studio ke acara ini,” ujarnya.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/metropolitan/2023/01/23/lestarikan-pencak-silat-festival-seni-budaya-digelar-di-kelurahan-beji-depok

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

POST ADS1

POST ADS 2