Jepang membatasi ekspor chip, permintaan Beijing membuat industri semikonduktor semakin sulit.

Jepang membatasi ekspor chip, permintaan Beijing membuat industri semikonduktor semakin sulit.

Dunia-ilmu.com, Tokyo – Pemerintah Jepang pada Jumat (6/1/2023) mengumumkan langkah yang lebih keras, memberlakukan pembatasan ekspor produk teknologi tinggi seperti keripik ke China.

 

Larangan Jepang mengikuti upaya Amerika Serikat untuk mereformasi kontrol ekspor chip kelas atas ke China pada akhir Oktober tahun lalu untuk menghentikan pengiriman chip dan melarang warga Amerika bekerja untuk perusahaan China.

 

Baca juga: Polisi ancam tilang manual lagi, pelat nomor kendaraan terkelupas.

 

Oleh karena itu, industri semikonduktor Beijing sulit berkembang. Untuk mencegah China 

menyalahgunakan produk AI dan peralatan pembuatan chipset untuk memperkuat sektor militernya.

 

Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, Yasutoshi Nishimura, mengatakan, “Kami akan menerapkan kontrol ekspor yang ketat berdasarkan kerja sama internasional dalam komunikasi yang erat dengan Amerika Serikat dan negara-negara terkait.”

 

Di bawah peraturan baru ini, pemasok produk semikonduktor Jepang seperti Tokyo Electron Ltd. Dan ASML Holding NV dilarang mengirimkan pasokan chip ke investor China.

 

Belakangan, setelah Jepang secara resmi menghentikan ekspor chip ke China, Nishimura mengatakan negaranya akan bergabung dengan AS dalam mengembangkan teknologi penggunaan ganda.

 

Namun, pelarangan selanjutnya dapat memperlambat produksi teknologi komersial seperti smartphone, laptop, dan perangkat IoT lainnya.

 

Ini berpotensi menciptakan kelangkaan di pasar global dan meningkatkan harga komponen chip.

 

Baca juga: Pembuat chip Jepang Renesas menutup pabrik Beijing di tengah wabah Covid-19

 

Namun, kerja sama ini semakin disengaja, baik untuk mendorong inovasi global di berbagai bidang seperti produk semikonduktor, bioteknologi, dan teknologi penting lainnya, maupun untuk menghadapi tantangan militer China, yang baru-baru ini bergerak melancarkan serangkaian serangan di zona perbatasan Jepang. .

 

Juga dilaporkan bahwa pemerintah Belanda, mengikuti Jepang dan AS, sedang bersiap untuk mengeksplorasi undang-undang untuk memperketat kontrol ekspor mesin pembuat chip canggih ke China.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2023/01/06/jepang-batasi-ekspor-chip-ambisi-beijing-untuk-tingkatkan-industri-semikonduktor-makin-sulit

Lebih baru Lebih lama