Hasil uji BPOM, obat sirup lain lebih aman dari EG dan DEG. -->

Iklan Semua Halaman

Follow Us

Hasil uji BPOM, obat sirup lain lebih aman dari EG dan DEG.

Rabu, Januari 11, 2023
Hasil uji BPOM, obat sirup lain lebih aman dari EG dan DEG.

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Cedera ginjal akut (AKI) pada anak Indonesia akibat sirup yang mengandung berbahaya etilen glikol (TELUR) dan dietilen glikol (DEG) kini sudah mencapai ‘ratusan’.

 

Menurut Kementerian Kesehatan, hingga 15 November 2022, terdapat 324 kasus gagal ginjal akut di Indonesia dan 200 orang meninggal dunia.

 

Angka ini tersebar di 27 provinsi di Indonesia.

 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengambil berbagai langkah untuk mengatasi pendistribusian obat sirup kepada anak-anak yang berisiko tertular EG dan DEG.

 

Institut telah menerbitkan dan memperbarui daftar obat sirup anak-anak yang bebas dari zat berbahaya ini secara teratur.

 

PT Soho Industry Pharmacy, salah satu produsen farmasi, menyatakan telah melakukan verifikasi data uji bahan baku dan produk terhadap pedoman BPOM.

 

Hasil pengujian tersebut memastikan bahwa produk obat tradisional dan suplemen kesehatan memenuhi persyaratan dan aman digunakan selama mengikuti aturan pakai yang ditentukan. 

 

BPOM kemudian surat BPOM no. B-PW.02.04.4.43.12.22.995 dikeluarkan pada tanggal 26 Desember 2022 dan surat BPOM No. tidak. B-PW.02.04.4.43.01.23.06 diterbitkan pada tanggal 1 Januari 2023.

 

Direktur PT Soho Industri Pharmasi dan Vice President of Research and Development, Regulatory and Medical Affairs Soho Global Health Tbk., DR. Ir. Raphael Aswin Susilo Widodo, ST, MSc, CIP, IPU mengatakan proses quality control (QC) yang dilakukan pihaknya telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan BPOM bagi industri penghasil produk farmasi, suplemen kesehatan dan obat tradisional.

 

Baca juga: DPR meminta pemerintah serius menanggapi kasus gagal ginjal akut TPF BPKN.

 

“SOHO telah melakukan uji independen terhadap cemaran EG dan DEG pada bahan baku dan seluruh produk jadi, dan hasilnya memenuhi batas aman yang dipersyaratkan BPOM RI,” kata Aswin dalam keterangan kepada wartawan, Senin (9/1/2023). .

 

Beberapa produk yang sudah dinyatakan aman antara lain Imboost Force Kids, Imboost Kids Syrup, Curcuma Plus Vitamin Syrup, Kids Dippet, Curvit Syrup, Fucoidan 100 dan Gastin Force.

 

Baca juga: Dalam kasus gagal ginjal akut, BPOM mengaku lalai dalam mengontrol peredaran obat.

 

“Kami juga melakukan audit secara rutin dan berkesinambungan terhadap pemasok dan fasilitas pemasok bahan baku dan bahan pengemas yang digunakan dalam produksi,” kata Aswin.

 

Terkait hal itu, aktris cantik sekaligus brand ambassador Emboss TT Kamal ini mengapresiasi obat sirup yang biasa ia berikan kepada anak-anaknya sudah tidak terpakai lagi.

 

Baca juga: Keluarga yang terkena gagal ginjal mendadak langsung mengajukan gugatan ke pengadilan

 

“Alhamdulillah, saya lega sekali setelah mengetahui bahwa Imboost Kids Syrup aman untuk anak-anak sesuai anjuran penggunaan BPOM RI,” ujar Titi Kamal.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/kesehatan/2023/01/11/satu-lagi-obat-sirup-dinyatakan-aman-dari-eg-dan-deg