Di tahun Implementasi hingga 2022: Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi menerima 1.460 laporan penyadapan. -->

Iklan Semua Halaman

Follow Us

Di tahun Implementasi hingga 2022: Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi menerima 1.460 laporan penyadapan.

Senin, Januari 09, 2023
Di tahun  Implementasi hingga 2022: Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi menerima 1.460 laporan penyadapan.

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Badan Pengawasan Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) telah mengungkapkan hasil kinerja yang tercatat pada tahun 2022.

 

Ketua KPK Tumpak Hatorangan Panggabean mengatakan, pihaknya telah menerima hingga 1.460 laporan notifikasi panggilan telepon dari KPK pada 2022. 

 

Tak hanya telepon, Dewan Pengawas KPK telah mengeluarkan 61 berita acara pemeriksaan dan 340 penangkapan terkait berbagai kasus korupsi.

 

Dalam konferensi pers capaian pelaksanaan Dewan Pengawas KPK tahun 2022 di kantornya di Jakarta Selatan, dia mengatakan, “Kami akan memantau, menerima pemberitahuan rekaman telepon, penggeledahan, dan penyitaan. Senin (9/1/2023).

 

Tumpak menjelaskan, saat ini Dewas tidak wajib memberikan surat perintah terkait pemanggilan, penggeledahan, atau penyitaan yang dilakukan KPK. 

 

Namun, KPK tetap wajib melaporkan upaya penggeledahan, penyadapan, dan penyitaan. 

 

Hal itu sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

 

“Padahal setelah putusan MK kami tidak memberikan izin, tapi kami mendapat pemberitahuan dari KPK, dan itu harus diberitahukan,” katanya.

 

Tumpak mengatakan, pihaknya rutin menggelar rapat koordinasi (rakorwas) setiap tiga bulan sekali, yang dihadiri anggota dewan, pimpinan, dan pejabat struktural KPK. 

 

35 kesimpulan diambil dari pertemuan ini.

 

Baca juga: Di tahun Pencapaian Kinerja Tahun 2022: Dewan Pengawas KPK menerima 96 laporan dari masyarakat

 

Kesimpulannya banyak, di bidang kinerja sangat banyak sekali 17 kesimpulan, di bidang pertahanan ada tiga, di Coresup ada satu, di sekretaris kepala ada 12 kesimpulan, di bidang informasi dan informasi ada dua kesimpulan,” katanya. 

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2023/01/09/kinerja-tahun-2022-dewan-pengawas-komisi-pemberantasan-korupsi-terima-1460-laporan-penyadapan