Dari insiden Peter hingga -->

Iklan Semua Halaman

Follow Us

Dari insiden Peter hingga

Rabu, Januari 11, 2023
Dari insiden Peter hingga

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo Ia mengakui bahwa ada kasus pelanggaran HAM berat di Indonesia antara tahun 1965 dan 2003.

 

Hal ini berdasarkan laporan Kelompok Pelanggaran Hak Asasi Manusia Tanpa Pengadilan.

 

“Sebagai kepala pemerintahan Republik Indonesia dengan pikiran jernih dan hati yang tulus, saya mengakui bahwa pelanggaran HAM telah terjadi beberapa kali. Saya sangat sedih atas pelanggaran HAM berat yang terjadi pada Rabu (11/1) ini. 11/2023) siang dalam jumpa pers di Istana Merdeka Jakarta.

 

Menurut Presiden, 12 pelanggaran HAM berat yang lalu adalah pelanggaran. Berikut detailnya.

 

1) Peristiwa 1965-1966

 

Di tahun Pembantaian 1965-1966 di Indonesia adalah pembantaian terhadap orang-orang yang dituduh komunis di Indonesia setelah kudeta yang gagal oleh Gerakan 30 September (G30S/PKI).

 

Sebagian besar sejarawan setuju bahwa setidaknya setengah juta orang dibantai.

 

2) Peristiwa penembakan rahasia 1982-1985

 

Penembakan rahasia, atau sering disebut Petrus, merupakan operasi rahasia yang dilakukan pemerintahan Soeharto pada tahun 1980-an untuk menghadapi tingginya angka kriminalitas saat itu.

 

Operasi ini merupakan kampanye untuk menangkap dan membunuh orang-orang yang diyakini mengganggu keamanan dan ketentraman masyarakat di Jakarta dan Jawa Tengah pada umumnya.

 

Pelakunya tidak jelas dan tidak pernah tertangkap, maka istilah “Petrus” (penembak rahasia).

 

Dikutip dari Wikipedia, Petrus memulai operasi pencegahan kejahatan di Jakarta.

 

Di tahun Pada tahun 1982, Suharto memberikan penghargaan kepada Kapolda Metro Jaya Mayor Jenderal Anton Sodjarwo atas keberhasilannya mengungkap kasus perampokan yang melanda masyarakat.

 

Pada bulan Maret tahun yang sama, Suharto meminta polisi dan ABRI mengambil langkah-langkah untuk secara efektif mengurangi tingkat kejahatan di hadapan pasukan militer.

 

Baca juga: Presiden Jokowi menyayangkan 12 pelanggaran HAM berat di Tanah Air, berikut daftarnya

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2023/01/11/peristiwa-petrus-hingga-tragedi-1998-inilah-12-kejadian-yang-diakui-sebagai-pelanggaran-ham-berat