Asosiasi: Penyalahgunaan narkoba dalam vape cair harus dicegah.

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suriani Chaniago menanggapi pernyataan mendesak pemerintah menghentikan distribusi vape cair.

 

Menurut Irma, penggunaan vape cair rentan terhadap penyalahgunaan narkoba.

 

APVI menyayangkan pendapat tersebut, karena penemuan narkoba dalam liquid vape adalah murni penyalahgunaan.

 

Baca juga: Polisi Bongkar Sabu, APEI, Penyalahgunaan Vape Cair: Kami Siap Perangi Narkoba

 

Pernyataan tersebut disampaikan Sekjen APVI Garindra Karthasamita.

 

“Sebagai asosiasi pengusaha vape, kami tetap berkomitmen meningkatkan pengawasan untuk mencegah semua jenis narkoba sampai ke masyarakat pengguna vape. Masalah yang beredar saat ini adalah penyalahgunaan vape,” ujarnya kepada wartawan kemarin (19/1/2023).

 

Menurutnya, penyalahgunaan ini bukan karena produknya, tapi karena ulah oknum di lapangan.

 

Misalnya, beberapa produk dipasarkan untuk tujuan tertentu, tetapi digunakan untuk hal yang tidak dimaksudkan.

 

“Menyuntik itu untuk tujuan kesehatan, tapi bisa disalahgunakan untuk tujuan pengobatan. Sebaliknya, pisau dipasarkan untuk memasak, bukan untuk memotong. Solusinya tentu bukan menghilangkan produk-produk tersebut, tapi terus memantau mereknya di lapangan, kata Garin.

 

Gary melanjutkan, perwakilan masyarakat sebagai pemangku kepentingan masyarakat tidak boleh menstigmatisasi pelaku industri vape yang taat hukum.

 

Oleh karena itu, pemerintah harus melakukan pengawasan ketat di sektor tersebut untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan produk ilegal oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

Baca juga: Polda Metro Jaya menggerebek rumah produksi sabu cair di Jakarta Barat yang juga diduga dijual di toko vape.

Sejak tahun 2018, APVI bekerjasama erat dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kepolisian Republik Indonesia dan Badan Narkotika Nasional untuk mencegah peredaran produk vape ilegal.

 

“Melalui Satgas APVI, APVI proaktif melaporkan penyalahgunaan dan produk vape ilegal kepada pihak berwajib. Sebagai asosiasi pelaku bisnis vape di Indonesia, APVI mendukung komitmen kami untuk mencegah setiap anggota APVI menjual produk vape ilegal,” ujar Garin.

 

Senada dengan Garin, Ketua Aliansi Penyalur Nikotin Elektronik Indonesia (APPNINDO) Teguh Basuki Ari Wibowo memuji polisi yang mengungkap kasus narkotika cair dan menindaknya.

 

Hanya saja, jika hanya karena segelintir bahan tertentu, kata dia, tidak baik jika industri vape terpuruk.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2023/01/20/asosiasi-penyalahgunaan-narkoba-pada-liquid-vape-harus-ditindak-tegas

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

POST ADS1

POST ADS 2