Tol Japek II Selatan akan dibuka untuk mengantisipasi arus kendaraan saat Natal dan Tahun Baru

 

Tol Japek II Selatan akan dibuka untuk mengantisipasi arus kendaraan saat Natal dan Tahun Baru

Dunia-Ilmu.com, PURWAKARTA – Jasa Marga akan membuka jalur fungsional di tol Jakarta Selatan-Sikampek (Japek) II selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

 

Ruas tol Japek 2 Selatan yang akan dibuka dimulai dari Sadang tepatnya KM 77 dan berakhir di Kutanegara. Panjang totalnya adalah 8,5 km. Cara praktis ini hanya ditujukan untuk kendaraan Kelas I, yaitu sedan dan minibus.

 

Baca juga: 26 Desember 2022 Bukan Hari Libur, Menko PMK: Boleh Cuti

 

“Jalur praktis ini akan mengutamakan kendaraan yang kembali ke kelas satu dan libur Nataru. Dari arah Bandung ke Jakarta,” kata Direktur PT Jasamarga Japek Selatan (JSS) Charles Lendra kepada awak media di pintu tol Kutanegara, Purwakarta, Jumat (16/10). /12/2022).

 

Pembukaan fungsi ini sangat bergantung pada kelas Japek. Jika terjadi kemacetan di sekitar pintu tol Dhowan dan Kalihurip Utama, Charles mengatakan hanya jalur praktis yang akan digunakan.

 

“Jalur aktif bisa digunakan, tapi tetap pada diskresi kepolisian. Dalam hal ini Korps Lalu Lintas Polri,” ujarnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Head of Corporate Communication and Community Development Group Jasa Marga Lisi Octaviana mengatakan, pihaknya akan terus bekerja sama dengan pihak kepolisian.

 

Soal ketersediaan, Lise menyebut rute praktis ini akan siap digunakan pekan depan.

 

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Epic Games Kasih Diskon Game Hingga 75%

 

Namun, cara praktis ini hanya akan digunakan saat Mudik Nataru 2023.

 

“Menurut perkiraan kami, arus balik dari Bandung ke Jakarta adalah Natal pada 25 Desember 2022, dan tahun baru pada 1 Januari 2023,” kata Lisi.

 

Menurut Direktur Eksekutif PT Jasa Marga Japek Selatan (JSS) Charles Lander, jalan fungsional ini dapat digunakan oleh 2.900 kendaraan.

 

Baca juga: Natal dan Tahun Baru: Garuda siapkan 1,3 juta kursi, ASDP tingkatkan kapasitas kapal

 

“Kalau buka seharian sekitar 2.900-an. Tapi kalau dilakukan bersyarat buka-tutup tidak sampai 2.900-an,” ujarnya.

 

Terkait kebijakan buka tutup, Lise Octaviana mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan tim di pusat komando untuk memastikan jalur terkoordinasi. Kemudian mereka bekerja sama dengan polisi terkait situasi di lapangan.

 

“Hanya akan ada evaluasi buka tutup atau tidak,” kata Pak Leshe.

 

Jasa Marga mengatakan informasi mengenai pembukaan dan penutupan akan disampaikan melalui kanal dan media sosial resmi. “Pengguna jalan juga dapat menghubungi call center Jasa Marga di 14080,” kata Lisye.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/12/17/antisipasi-arus-kendaraan-saat-natal-dan-tahun-baru-tol-japek-ii-selatan-bakal-dibuka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

POST ADS1

POST ADS 2