Penelitian menunjukkan efek merokok pada fungsi kognitif pada usia paruh baya -->

Iklan Semua Halaman

Follow Us

Penelitian menunjukkan efek merokok pada fungsi kognitif pada usia paruh baya

Senin, Desember 26, 2022
featured image


Dunia-Ilmu.com, OHIO – Temuan para peneliti menunjukkan bahwa penghentian merokok ‘dapat bermanfaat bagi kesehatan kognitif’ pada orang paruh baya.

 

Meskipun merokok berbahaya bagi sistem pernapasan dan sistem kardiovaskular seseorang, ini adalah fakta yang terkenal.

 

Dikutip dari laman berita Sputnik pada Minggu (25/12/2022), peneliti Ohio State University memperingatkan bahwa kebiasaan khusus ini juga menimbulkan ancaman khusus bagi orang paruh baya.

 

Para penulis studi yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer’s Disease berpendapat bahwa perokok dalam demografi ini lebih mungkin mengalami kehilangan ingatan dan kebingungan daripada bukan perokok.

 

Para peneliti mengatakan bahwa risiko penurunan kognitif menurun pada orang yang pernah merokok di masa lalu tetapi memilih untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

 

Baca juga: Selandia Baru mengesahkan undang-undang lingkungan bebas rokok

 

“Hubungan yang kami lihat pada kelompok usia 45 hingga 59 tahun sangat signifikan, bahwa berhenti merokok pada tahap kehidupan itu bermanfaat bagi kesehatan kognitif,” kata Dr. , Jeffrey Sayap

 

Setelah menganalisis hasil Survei Sistem Pengawasan Faktor Risiko Perilaku 2019 di Amerika Serikat, para peneliti menentukan bahwa prevalensi penurunan kognitif yang dilaporkan (SCD) di antara perokok adalah 1,9 kali lipat dari bukan perokok.

 

Prevalensi SCD pada orang yang berhenti merokok 10 tahun yang lalu sedikit lebih tinggi daripada orang yang tidak pernah merokok.

 

Orang yang berhenti merokok sepuluh tahun yang lalu menunjukkan 1,5 kali prevalensi CCD dibandingkan bukan perokok.

 

Jenna Rajczyk, mahasiswa Ph.D. di College of Public Health dan penulis utama studi tersebut, “Temuan ini mungkin menunjukkan bahwa berhenti merokok itu penting, dan mungkin terkait dengan hasil kognitif.”

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/kesehatan/2022/12/26/studi-ungkap-pengaruh-merokok-pada-fungsi-kognitif-usia-paruh-baya