Menteri SDM Aida Fauziah mempresentasikan kompensasi BPJS Ketenagakerjaan bagi pegawai yang bekerja di Kementerian SDM -->

Iklan Semua Halaman

Follow Us

Menteri SDM Aida Fauziah mempresentasikan kompensasi BPJS Ketenagakerjaan bagi pegawai yang bekerja di Kementerian SDM

Selasa, Desember 27, 2022
Menteri SDM Aida Fauziah mempresentasikan kompensasi BPJS Ketenagakerjaan bagi pegawai yang bekerja di Kementerian SDM

Dunia-Ilmu.com Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah bersama Dirjen BPJS Ketenagakarjan Angoro Eko Kahyo dan Direktur Pelayanan Roswitha Nilakurnia menyerahkan santunan manfaat program jaminan sosial kepada empat ahli waris pekerja di Kementerian Ketenagakerjaan. Tiga di antaranya adalah Pegawai Kehormatan atau Pegawai Negeri Non Pemerintah (PPNPN) yang berprofesi sebagai tenaga administrasi dan sopir. Total manfaat yang diberikan kepada semua ahli waris mencapai 400 juta birr.

 

Dalam keterangannya, Aida Fauziah menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya kepada keluarga yang ditinggalkan. Pihaknya menegaskan, salah satu tanggung jawab Kementerian Ketenagakerjaan sebagai pemberi kerja adalah mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS untuk melindungi seluruh tenaga kerja dari kecelakaan kerja, kematian dan usia lanjut sejahtera. .

 

“Alhamdulillah Kementerian Ketenagakerjaan sudah memasukkan program jaminan sosial ketenagakerjaan keluarga PPNPN, sehingga ketiganya benar-benar PPNPN. Kami berharap PPNPN di kementerian dan lembaga memasukkan mereka ke dalam program jaminan sosial,” jelas Aida.

 

Menurut keterangan tersebut, Roswitha Neelakurnia BPJS Ketenagakerjaan menjelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta dan keluarganya untuk mendapatkan haknya dengan cara yang paling menguntungkan dan tertinggal sebagai tulang punggung keluarga dan terbebas dari stress. .

 

“Atas nama keluarga besar BPJS Ketenagakerjaan, kami turut berduka cita. Kami menyadari sebesar apapun manfaat yang diberikan dapat menggantikan nyawa orang yang kita cintai. Semoga arwahnya melanjutkan kehidupannya dengan baik,” ujar Roswitha.

 

Kami mengapresiasi komitmen Kementerian Ketenagakerjaan Roswita sekaligus menjadi contoh bagi kementerian lain untuk mendaftarkan seluruh pekerja tidak tetapnya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

 

Karena Presiden Joko Widodo dalam Inpres No 2 tahun ini dan otoritas.

 

Seperti diketahui, BPJS Ketenagakarjaan merupakan lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk 5 skema perlindungan yang terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan sebagainya. Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) Terbaru.

 

Berbagai manfaat yang diberikan kepada peserta mulai dari pengobatan gratis hingga rehabilitasi bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja, termasuk saat bepergian ke dan dari tempat kerja berdasarkan indikasi medis.

 

Apabila peserta sementara tidak dapat bekerja selama masa pemulihan, BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan santunan sementara sebesar 100% dari gaji yang dilaporkan untuk 12 bulan pertama dan 50% untuk bulan berikutnya sampai sembuh.

 

Selain itu, jika peserta meninggal dunia karena kecelakaan kerja, ahli waris berhak menerima santunan JKK sebesar 48 kali gaji akhir yang didaftarkan. Sedangkan jika meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja, maka santunannya sebesar 42 juta birr. Selain itu, 2 anak peserta akan menerima maksimal $174 juta dalam bentuk beasiswa dari SD hingga SMA.

 

Pensiun karyawan akan diperkaya dengan manfaat JHT yang selalu dapat diterima bersama dengan rata-rata bunga deposito bank pemerintah dan manfaat JP setiap bulan atau sekaligus.

 

Sedangkan Angoro Eko Kahyo sejauh ini telah membayar klaim BPJS Ketenagakerjaan 3,5 juta senilai total Rp 45,2 triliun.

 

Ia juga menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan saat ini sedang menyempurnakan berbagai fitur dalam aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), salah satunya untuk memudahkan peserta dalam mengakses Manfaat Layanan Tambahan (MLT) untuk rumah pegawai.

 

“Inisiatif ini merupakan salah satu bukti kehadiran pemerintah dalam memberikan perlindungan dan keselamatan kepada masyarakat, khususnya para pekerja. Oleh karena itu, kami menghimbau kepada seluruh pemberi kerja untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan agar dapat bekerja tanpa stres. Kami akan terus bekerja keras stres -gratis di bawah kampanye.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/12/27/menaker-ida-fauziah-serahkan-santunan-bpjs-ketenagakerjaan-bagi-pekerja-di-lingkungan-kemnaker