Menteri Koordinator PMK: SDN Pondok Cina 1 Depok harus dipindahkan sebelum diubah menjadi masjid

Menteri Koordinator PMK: SDN Pondok Cina 1 Depok harus dipindahkan sebelum diubah menjadi masjid

Dunia-Ilmu.com, Jawa Timur – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadir Effendi meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memastikan pengalihan lahan SD Pondok Sina 1 sebelum pembangunan Masjid Agung Depok. 

 

Muhadir kepada awak media di Malang, Jawa Timur, Sabtu (17/12/2022) “Saya telah meminta Pemprov DKI tidak membangun masjid di tempat itu sebelum ada kepastian anak dan warga bisa kembali ke tempat lain.”

 

Relokasi setidaknya harus mirip dengan kondisi semula, kata Muhaddihr.

 

“Terima kasih, situasinya bisa lebih baik,” tambahnya.

 

Muhadir menambahkan, Kemenko PMK telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Depok dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyelesaikan celah alih fungsi lahan ini.

 

“Kami akan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, tetapi kami akan berbicara dengan pemerintah negara bagian lagi karena pemerintah kota berusaha memindahkan atau menghancurkan SD karena ada hibah masjid dari pemerintah negara bagian,” kata Muhadir.

 

“Pemerintah negara harus bertanggung jawab dan tentunya kita tidak ingin sekolah ditiadakan untuk tempat ibadah karena keduanya sangat mendesak, pendidikan pun sangat penting, ibadah bisa di mana saja,” ujarnya. . 

 

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu mengatakan, krisis konversi lahan diperkirakan akan berakhir pada awal 2023.

 

Sebelum pembangunan masjid, Pemkot Depok harus memastikan ketersediaan ruang kelas baru.

 

“Saya sudah meminta Pak Wali (Kota Depok) untuk tidak memindahkan siswa dari tempat itu, tidak membangun masjid di tempat itu sebelum anak-anak diperbolehkan belajar seperti dulu, syukurlah keadaan membaik,” kata Muhadir.

 

Sebelumnya, SDN Pondok Sina 1 diketahui viral belakangan ini karena pintu masuk sekolahnya terhalang jalan setapak yang baru direnovasi di Jalan Margonda Raya. 

 

Tidak ada akses masuk yang disediakan oleh Pemkot Depok untuk menjangkau sekolah tersebut. Jalan setapak sengaja ditinggikan dan bahkan lebih tinggi dari permukaan tanah sekolah.

 

Baca juga: Indonesia Dinilai Jadi Pasar Potensial Smartwatch

 

Belakangan diketahui bahwa sekolah tersebut akan dipindahkan atau dibongkar. Sebuah masjid akan dibangun di atas tanah itu, dan siswa akan bergabung dengan SDN Pondok Sina 3 dan 5 yang lebih kecil.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/metropolitan/2022/12/17/menko-pmk-harus-ada-relokasi-sebelum-sdn-pondok-cina-1-depok-dialihfungsikan-untuk-masjid

Lebih baru Lebih lama