Menteri Keuangan Choo: Di bawah tekanan internasional, pertumbuhan ekonomi Korea Selatan akan melambat pada 2023. -->

Iklan Semua Halaman

Follow Us

Menteri Keuangan Choo: Di bawah tekanan internasional, pertumbuhan ekonomi Korea Selatan akan melambat pada 2023.

Selasa, Desember 20, 2022
Menteri Keuangan Choo: Di bawah tekanan internasional, pertumbuhan ekonomi Korea Selatan akan melambat pada 2023.

Dunia-Ilmu.com, SEOUL- Pemerintah Korea Selatan telah memperingatkan bahwa negaranya akan menghadapi resesi ekonomi setidaknya hingga paruh pertama tahun depan.

 

“Pertumbuhan ekonomi kita diperkirakan melambat tahun depan akibat dampak resesi ekonomi global, dan masalah akan terkonsentrasi di semester pertama,” kata Menteri Keuangan Korea Selatan Choo Kyung-ho.

 

Pemerintah Korea Selatan diperkirakan akan mengumumkan strategi kebijakan ekonominya untuk tahun depan akhir pekan ini, pengumuman setahun penuh pertama oleh pemerintahan Presiden Yoon Suk-yeol.

 

Baca juga: Kementerian Perindustrian dan Korea Selatan telah bekerjasama untuk mengembangkan sumber daya manusia industri.

 

Seperti yang Anda ketahui, perekonomian Korea Selatan sebagian besar ditopang oleh ekspor, dari mobil dan kapal hingga chip dan smartphone.

 

Namun, aktivitas ekspor Korea Selatan sedikit menurun tahun ini karena China baru-baru ini menghadapi kesulitan ekonomi akibat kebijakan ketat terkait Covid-19.

 

Pemerintah Korea Selatan juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun depan akan melambat menjadi kurang dari 2 persen dari sekitar 3 persen tahun ini.

 

Selain itu, bank sentral Korea bulan lalu memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi menjadi 1,7 persen menyusul penurunan ekspor sebesar 2,1 persen dan investasi perusahaan yang lebih rendah.

 

Kementerian Keuangan Korea Selatan telah memperpanjang keringanan pajak enam bulan untuk produk bahan bakar dan penjualan mobil penumpang hingga akhir tahun 2022, karena ekonomi harus lebih mengandalkan konsumsi domestik untuk mengimbangi penurunan permintaan ekspor.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/12/20/menteri-keuangan-choo-tertekan-global-pertumbuhan-ekonomi-korea-selatan-akan-melambat-pada-2023