MenKop Teten Masduki targetkan peningkatan ekspor UMKM 17%, 3 rintangan yang harus diatasi

MenKop Teten Masduki targetkan peningkatan ekspor UMKM 17%, 3 rintangan yang harus diatasi

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (MenkoPUKM) Teten Masduki menginginkan target kontribusi ekspor produk UKM Indonesia mencapai 17 persen pada 2024.

 

Saat ini, target kontribusi ekspor hanya 15 persen.

 

Teton mengatakan dalam keterangannya, Jumat (16/12/2022) “Kami menyambut baik upaya berbagai pihak yang telah membantu mendorong kontribusi ekspor UKM.

 

Pada acara BRILianpreneur, UMKM berharap ekspor bisa mencapai target pemerintah pada 2024.

 

Teten menyebut angka ekspor produk UMKM Indonesia masih di bawah Korea Selatan, Malaysia, dan Thailand.

 

“Kami menargetkan peningkatan ekspor sebesar 17 persen pada 2024. Saat ini, produk UMKM kami hanya menyumbang 15,65 persen ekspor, masih lebih rendah dari Korea Selatan 19,7 persen, Malaysia 17,3 persen, dan Thailand 28,7 persen.”

 

Di tahun Dia menyebutkan tiga rintangan yang harus dihadapi dalam mencapai target ekspor UKM pada 2024. Yaitu kualitas, kuantitas yang berhubungan dengan logistik dan literasi.

 

Teten aktif berkolaborasi dengan berbagai entitas. Termasuk kepabeanan, lembaga keuangan dan lembaga sertifikasi yang terkait dengan fasilitasi ekspor.

 

Baca juga: UKM didorong untuk berbenah dengan memasuki pasar online

 

Hal itu dilakukan untuk mengatasi berbagai kendala dan tantangan tersebut. Ia juga mencontohkan perlunya perbaikan ekosistem produk-produk yang berpotensi ekspor.

 

Baca juga: Memiliki factory sharing disebut menambah nilai produk UMKM.

 

“Di mana ada permintaan pasar, perlu dibenahi dengan semua elemen karena banyak produk UKM yang diekspor tapi ekosistemnya belum bagus,” ujarnya.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/12/16/menkop-teten-masduki-targetkan-kenaikan-ekspor-umkm-17-persen-ada-3-kendala-perlu-diatasi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

POST ADS1

POST ADS 2