Mengaku Perkosa, Kenapa Putri Candrawathi Tolak Tes Poligraf Kronologi Perkosaan?

Mengaku Perkosa, Kenapa Putri Candrawathi Tolak Tes Poligraf Kronologi Perkosaan?

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Putri Kadrawati menolak untuk menjalani tes poligraf atau alat pendeteksi kebohongan atas kronologi pemerkosaan yang katanya dilakukannya pada 7 Juli 2022 di Magelang oleh Brimob Nofriasyah Yoshua Hutabarat (Joshua). 

 

Penjelasan tersebut disampaikan ahli poligraf Aji Fibrianto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (14/12/2022).

 

Pakar poligraf Aji Fibrianto mengatakan, “Pada tanggal 7, dia keberatan dengan pengalihan kronologi. Itu untuk kronologi, bukan untuk ujian.”

 

Oleh karena itu, Aji Fibrianto mengatakan tes poligraf Putri Canderawati akan tetap dilakukan sesuai prosedur.

 

Baca juga: Putri Kadrawati mengaku dipukul 3 kali oleh Brigadir J sebelum diperkosa, Hakim Wahiu bingung.

 

Selain itu, berdasarkan hasil pre-test dan tes numerik, Putri Candrawathi dinyatakan lolos untuk menjalani tes poligraf.

 

“Jadi ada tes kuantitatif untuk menentukan apakah seseorang layak untuk dites. Jadi kita lihat ada grafiknya: apakah orang ini layak untuk dites atau tidak, kalau tidak memungkinkan tidak kita lanjutkan,” kata Aji Fibrianto.

 

Dalam persidangan, kuasa hukum Putri Kadrawati, Rasamala Aritonang, menanyakan kepada Aji Fibrianto mengapa akan diberikan tes terkait hubungan kliennya dengan Joshua, meski keberatan dengan tanggal 7 Juli 2022.

 

“Apakah ini sesuatu yang ingin kamu tanyakan pada tanggal 7 atau hari lain?” tanya Rasmala.

 

“Pada tanggal 7” Aji Fibrianto.

 

Kemudian, Ato Rasamala mengatakan, meski kliennya Yosua sempat menolak membeberkan rentetan perkosaan yang diklaimnya dilakukannya, mengapa pertanyaan itu diajukan?

 

Sementara itu, harus ada kepercayaan yang dibangun antara pemeriksa dan peserta ujian untuk hasil tes poligraf yang lebih baik.

 

Mendengar keterangan Rasamalan, Aji Fibrianto pun menjelaskan bahwa peserta ujian berhak menolak saat pemeriksaan poligraf.

 

Meski Aji Fibrianto ngotot, penolakannya diloloskan di tengah tes poligraf.

 

Aji Fibrianto mengatakan: “Dalam pemeriksaan, seseorang bisa menolak pemeriksaan, bahkan di tengah jalan, jadi misalnya saya menolak untuk melakukan pemeriksaan, pasti akan kami potong.”

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2022/12/14/ngaku-diperkosa-mengapa-putri-candrawathi-menolak-tes-poligraf-untuk-kronologi-pemerkosaan

Lebih baru Lebih lama