Koperasi Mahasiswa Palangka Raya mendukung aksi mogok makan yang diperintahkan KSB di Komnas HAM -->

Iklan Semua Halaman

Follow Us

Koperasi Mahasiswa Palangka Raya mendukung aksi mogok makan yang diperintahkan KSB di Komnas HAM

Sabtu, Desember 17, 2022
Koperasi Mahasiswa Palangka Raya mendukung aksi mogok makan yang diperintahkan KSB di Komnas HAM

Dunia-Ilmu.com, PALANGKA RAYA- Mahasiswa yang tergabung dalam Serikat Mahasiswa Palangka Raya menggelar aksi damai di depan kampus Universitas Kristen (Unkrip) Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (16/12/2022).

 

Mahasiswa dan warga Provinsi Sumbawa Barat menyatakan dukungannya terhadap aksi mogok makan yang dilakukan mahasiswa sejak Selasa (13/12) di kantor Komnas HAM di Jakarta. 

 

Aksi mogok makan yang dilakukan oleh 17 peserta aksi memprotes pelanggaran HAM yang dilakukan oleh PT Aman Minerals dan mendesak Komnas Ham mengusut dan menghentikan kejahatan korporasi nasional yang telah merugikan masyarakat Sumbawa Barat ini.

 

“Mogok makan yang dilakukan oleh para sahabat Amanat KSB merupakan protes dan perjuangan atas hak-hak yang telah diingkari.

 

Aksi ini patut didukung dan diperhatikan oleh seluruh mahasiswa dari seluruh wilayah di Indonesia, kata Donny Delmi, koordinator aksi, dalam keterangan tertulisnya.

 

Ia menegaskan, banyak kasus dugaan pelanggaran HAM yang tidak bisa ditolerir.

 

Baca juga: Mendukung aksi mahasiswa, BEM UBK mengunjungi tenda aksi mogok makan di Komnas HAM.

 

Mulai dari kecelakaan kerja yang mengakibatkan luka dan kematian, hingga penghentian kerja sepihak dan pencemaran lingkungan.

 

“Perampasan tanah rakyat, pencucian uang CSR/PPM dan korupsi seputar hak-hak masyarakat penambang dan kewajiban perusahaan harus segera diusut. Ini jelas menyimpang dari amanat hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Doni. .

 

Sebelumnya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BM) FISIP Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta mengunjungi peserta aksi mogok makan di Komnas Ham, Jakarta, Kamis (15/12/2022).

 

Ketua BEM FISIP Ronicho van Basten Gultom, bersama wakilnya Kevin Rudolph, menyatakan dukungannya terhadap pertarungan tersebut.

 

Diketahui, mahasiswa yang tergabung dalam Serikat Masyarakat Anti Mafia Tambang (Amanat KSB) dan masyarakat melakukan aksi mogok makan di dekat kantor Komnas Ham di Jakarta.

 

Pj Juru Bicara UD mengatakan aksi mogok makan akan dimulai pada Selasa, 13 Desember 2022.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/regional/2022/12/17/solidaritas-mahasiswa-palangka-raya-dukung-aksi-mogok-makan-amanat-ksb-di-komnas-ham