Kesadaran KUR untuk UMKM sudah di atas 90 persen: Rp 344,55 triliun.

Kesadaran KUR untuk UMKM sudah di atas 90 persen: Rp 344,55 triliun.

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Kementerian Koperasi dan Masyarakat Kecil mengungkapkan hingga 14 Desember 2022, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah mencapai Rp345,55 triliun kepada 7.209.944 pelaku usaha.

 

Persentase ini lebih dari 90 persen, menurut Irene Swa Suryani, Asisten Deputi Bidang Pembiayaan Usaha Mikro Kementerian Koperasi.

 

“Tahun 2022, pemerintah menargetkan pemberian pembiayaan kepada UMKM melalui program KUR sebesar Rp373,17 triliun. Saat ini per 14 Desember 2022 realisasi penyaluran KUR telah mencapai Rp345,55 triliun atau 92,60 persen dari total utang. Dari 7.209.944 pelaku usaha,” kata Erin Minggu (18/12/2022) dalam keterangannya.

 

Irene mengatakan, KemenKopUKM menginisiasi dan mendorong penyebaran KUR melalui skema khusus KUR.

 

Sasarannya adalah kelompok atau klaster usaha masyarakat untuk koperasi dan kelompok UMKM.

 

Hal itu dilakukan untuk mempercepat penyaluran KUR dan menghidupkan perekonomian nasional, khususnya bagi para pelaku UKM.

 

“Dalam hal ini, berdasarkan klaster prioritas yang ditetapkan pemerintah, meliputi pengepul/pengolah dan avalis di bidang pertanian, peternakan, perikanan, furnitur, barang antik, kerajinan tangan, fesyen, dan pariwisata.

 

Menurutnya, dalam upaya percepatan penyaluran KUR, perlu adanya dukungan pembiayaan kepada UMKM melalui Skema Kelompok Usaha.

 

Baca juga: Penyaluran KUR BNI meningkat 24,3 persen mencapai Rp 51,3 triliun pada triwulan III 2022.

 

“Dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dengan percepatan penyaluran insentif pemerintah di koperasi dan kelompok klaster UKM,” ujarnya.

 

Irene berharap semua pihak yang terlibat dalam penyaluran KUR berperan aktif dan bekerjasama untuk percepatan program ini.

 

Diantaranya Dinas Koperasi Negara/Kabupaten/Kota dan UKM dapat menjangkau para pedagang Kur dengan mengatur peminjam untuk masuk Kur dan mengunggah peminjam tersebut ke CKP.

 

Baca juga: Penyaluran KUR BRI Bank dikatakan efektif dalam membantu UMKM mengembangkan usahanya.

 

Kemudian melakukan pembinaan dan pendampingan kepada UMKM dalam mengakses KUR dan setelah menerima KUR, serta melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan KUR di wilayahnya.

 

Penyalur KUR diharapkan memiliki komitmen untuk mencapai tujuan dalam penyaluran KUR.

 

Berkoordinasi dengan dinas koperasi dan UKM setempat untuk percepatan penyaluran KUR. “Akhirnya diharapkan penjamin QAR dapat membantu UMKM dengan penjaminan terbatas yang dimiliki UMKM,” ujar Irene.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/12/18/realisasi-kur-bagi-umkm-sudah-90-persen-lebih-mencapai-rp-34455-triliun

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

POST ADS1

POST ADS 2