Kasus pelecehan yang dilakukan di Universitas Andalus diserahkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan masuk dalam kategori pelanggaran berat.

Kasus pelecehan yang dilakukan di Universitas Andalus diserahkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan masuk dalam kategori pelanggaran berat.

Dunia-Ilmu.com Kasus pelecehan seksual yang dilakukan seorang guru di Universitas Andalas (Unand), Padang, Sumatera Barat diajukan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

 

Ketua Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Pelecehan Seksual (PPKS) Unand Rika Susanti mengatakan, Rektor Unand dan Satgas PPKS mengunjungi Kemendikbud dan Ristek untuk mengangkat isu pelecehan seksual ini.

 

Dia mengatakan pada Senin (26/12/2022) “Rektor pergi ke kementerian, saya dan kepala investigasi akan pergi sore ini.” TribunPadang.com.

 

Rektor dan Satgas PPKS menyampaikan rekomendasi kepada Kemendikbud terkait pelanggaran yang dilakukan guru berinisial KC.

 

Keterangan saksi dan korban setelah dilakukan pemeriksaan terhadap dugaan pelaku pelanggaran ini.

 

Baca juga: Tanggapan Wakil Rektor kepada Satgas PPKS tentang Pelecehan di Universitas Andalusia

 

“Saya sangat yakin pimpinan Universitas Andalus (Unand) akan menindak siapapun yang melakukan kekerasan seksual berdasarkan kejahatan yang dilakukan,” ujarnya.

 

Rika Susanti menjelaskan pihak kampus telah sepakat untuk menindak dan menghukum siapapun yang ditemukan melakukan pelecehan seksual terhadap Unand.

 

“Kami menunggu keputusan rektor dan menteri pendidikan dan kebudayaan, dan prosesnya membutuhkan kehati-hatian semua pihak,” jelasnya.

 

Ia juga menegaskan, Satgas PPKS Unand selalu berpihak pada para korban.

 

Sementara itu, Aydinil Zatra Ketua Tim Investigasi Pelecehan Seksual Unand menjelaskan, pihaknya belum bisa memberikan rekomendasi yang diberikan pihak kampus terkait pelanggaran yang dilakukan guru KC tersebut.

 

“Menurut Mendikbud ada tiga rekomendasi, pelanggaran ringan dan sedang di universitas bisa ditetapkan,” ujarnya.

 

Sementara itu, penyalahgunaan wewenang yang besar berada di tangan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan harus dilaporkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Baca juga: Guru yang melecehkan 8 mahasiswa Universitas Andalus itu dihukum berat dan dilumpuhkan.

 

Hasil tes

 

Penyidikan kasus pelecehan seksual di kampus dilakukan Satgas PPKS Unand.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/regional/2022/12/26/kasus-pelecehan-di-universitas-andalas-disampaikan-ke-kemendikbud-masuk-kategori-pelanggaran-berat



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

POST ADS1

POST ADS 2