Kaleidoskop 2022: Jumlah negara yang memasuki jurang resesi -->

Iklan Semua Halaman

Follow Us

Kaleidoskop 2022: Jumlah negara yang memasuki jurang resesi

Selasa, Desember 27, 2022

 

Kaleidoskop 2022: Jumlah negara yang memasuki jurang resesi

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Banyak negara di dunia menderita akibat resesi ekonomi yang terjadi sejak pertengahan tahun 2022. 

 

Kondisi perekonomian global yang tidak stabil memicu isu resesi.

 

Negara-negara seperti Amerika Serikat, Rusia, dan Inggris Raya akan memasuki resesi pada tahun 2022.

 

Baca juga: Ekonom: Fundamental ekonomi Indonesia tidak cukup untuk menghadapi resesi

 

Berikut Tribun News.com merangkum negara-negara yang terancam bangkrut pada 2022.

 

Rusia sedang dalam resesi ekonomi

 

Di tahun Pada kuartal ketiga 2022, produk domestik bruto (PDB) turun empat persen, penurunan yang menandakan negara adidaya ini memasuki zona resesi.

 

Menurut data yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik Rostat pada Rabu (16/11/2022), krisis ekonomi tersebut disebabkan oleh serangkaian sanksi dari negara-negara Barat, seperti larangan ekspor dan impor manufaktur dan aksesoris.

 

Situasi ini diperparah dengan berkurangnya tenaga kerja negara Vladimir Putin, yang telah memobilisasi ratusan ribu orang sebagai cadangan.

 

Menurut Kantor Komisaris Pengusaha Presiden Rusia, setidaknya sepertiga dari 5.800 perusahaan negara baru-baru ini mengalami penurunan penjualan karena kekurangan tenaga kerja.

 

Sayangnya, selama krisis, bank sentral Rusia mundur selangkah dengan mempertahankan suku bunga utamanya pada 7 persen pada Oktober, setelah menaikkannya dari 9,5 persen menjadi 20 persen bulan lalu dalam upaya melawan inflasi dan mendorong pertumbuhan. Rubel.

 

Serangkaian tekanan ini telah memperlambat ekonomi Rusia dan gagal mencatatkan pertumbuhan.Dalam tiga bulan terakhir, perdagangan grosir Kyiv turun sebesar 22,6 persen dan perdagangan eceran sebesar 9,1 persen.

 

Baca juga: Di tahun

 

Rusia sebelumnya berada di ambang resesi.Pada awal November, Bank Sentral Rusia mengeluarkan perkiraan bahwa produk domestik bruto negara itu akan turun 3,5 persen tahun ini.

 

Menyusul pernyataan ini, IMF dan Bank Dunia masing-masing telah menunjukkan penurunan 3,4 persen dan 4,5 persen pada PDB Rusia.

 

Selain itu, ini bukan pertama kalinya Rusia mengalami keruntuhan ekonomi seperti itu, diketahui pada akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021, Rusia mengalami keruntuhan teknis akibat wabah virus corona.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/12/27/kaleidoskop-2022-sejumlah-negara-yang-masuk-jurang-resesi