Evanie Jaslin Kiprah, mendirikan sekolah barista untuk kafe, mengembangkan keragaman kopi Indonesia -->

Iklan Semua Halaman

Follow Us

Evanie Jaslin Kiprah, mendirikan sekolah barista untuk kafe, mengembangkan keragaman kopi Indonesia

Sabtu, Desember 17, 2022

Evanie Jaslin Kiprah, mendirikan sekolah barista untuk kafe, mengembangkan keragaman kopi Indonesia

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Ivany Jeslin sudah lama menggemari dunia kopi. Ia menyukai cita rasa berbagai jenis kopi yang dihasilkan dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Kecintaannya pada kopi membuatnya melangkah lebih jauh dengan mendirikan sekolah barista untuk menyiapkan berbagai jenis kopi Indonesia dan mengelola sebuah kafe di Semarang yang menyajikan biji kopi pilihan dari Indonesia sepuluh tahun lalu.

 

Ivany Jeslin sangat memahami bahwa semua biji kopi yang diproduksi di Indonesia banyak diminati oleh konsumen mancanegara.

 

Ini berkat geografi Indonesia yang beragam, yang memungkinkan untuk menghasilkan berbagai pilihan kopi dengan rasa yang berbeda.

 

Hal inilah yang menginspirasi Ivany Jeslin menjadi pemilik Strada Coffee untuk menghasilkan varietas kopi terbaik di pulau tersebut.

 

Baca juga: Promo Minuman Bulan Desember 2022: Janji Jiwa, Street Boba dan Kopi Kenangan

 

Dengan mendirikan akademi kopi, ia melatih para barista dan petani kopi di tanah air untuk menghasilkan kopi yang rasa dan kualitasnya tidak kalah dengan kopi impor.

 

Ketertarikan Ivany Jaslin terhadap kopi telah membawanya pada pemahaman yang lebih mendalam tentang kopi di berbagai negara, bagaimana penanaman dan pembuatannya.

 

Di tahun Bakat dan wawasannya tentang dunia perkopian membuatnya menjadi Juara Cupping pertama pada Barista Farmer Competition yang diadakan di Brazil pada tahun 2016. Saat itu, Ivany menjadi satu-satunya wakil dari Asia yang bersaing dengan 9 Juara Barista lainnya dari seluruh dunia.

 

“Kopi terbaik di Indonesia banyak yang diekspor, yang belum banyak dikenal di kalangan penikmat kopi. Jadi penting bagi saya dalam mengelola Strada Coffee untuk menghimpun kopi terbaik yang ada di dalam negeri,” ujarnya.

 

Ivany Coffee mengaku melatih para petani untuk para barista agar kopi yang mereka sukai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para penikmat kopi.

 

Ivany Jeslin tergoda untuk lebih serius terjun ke dunia kopi dengan mendirikan Strada Coffee di salah satu sudut jalan Gel. Letjen S. Parman, Gajahmungkur, Kota Semarang, tahun 2012.

 

Aksi itu terdengar hingga ke Istana Negara Jakarta. “Saya diizinkan menghidangkan kopi terbaik di Indonesia kepada Presiden RI Joko Widodo sebanyak dua kali,” ujarnya bangga.

 

Yang pertama pada Hari Kopi Internasional tahun 2017 di Istana Bogor. Saat itu diyakini bahwa kopi Toraja dan Jawa disajikan. “Di Jakarta untuk kedua kalinya saya menyajikan kopi-kopi Indonesia yang saya hasilkan, seperti kopi dari Papua, Bali dan lainnya,” kata Ivani.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/12/16/kiprah-evani-jesslyn-mengkurasi-ragam-kopi-nusantara-mendirikan-sekolah-barista-hingga-kafe