Anggota Komisi II DPR Mendagri Tabayun Menanggapi Polemik Pernyataan Menlu Gubernur Sulawesi Tengah

Anggota Komisi II DPR Mendagri Tabayun Menanggapi Polemik Pernyataan Menlu Gubernur Sulawesi Tengah

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura telah mengajukan permohonan proses penetapan Novalina Wiswadewa sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tengah.

 

Dia menduga ada ‘permainan’ dalam proses penunjukan Kementerian Dalam Negeri. 

 

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Presiden Jokowi menegaskan tidak akan melantik Novalina sebelum bertemu.

 

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi II DPR RI Bidang PAN, Guspardi Gauss, menyatakan perlu klarifikasi (tabayyun) atas pernyataan tersebut. 

 

“Tentunya kita berharap Mendagri bisa duduk bersama untuk memanggil gubernur apakah yang diberitakan di media itu benar atau tidak,” kata Guspardi kepada wartawan, Kamis (15/12/2022).

 

“Katanya mau ketemu Mendagri dan Presiden, artinya Tabayoub butuh penjelasan,” tambah Guspardi. 

 

Ini adalah anggota Fraksi PAN yang berpendapat bahwa pernyataan yang dibuat di media tidak memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. 

 

Padahal, kepala negara memiliki tanggung jawab moral untuk mencerdaskan rakyatnya. 

 

“Nggak enak dibaca masyarakat. Ini administrasi pemerintahan sekarang kan? Tidak mendidik ASN dengan baik. Bisa jadi ASN karena modelnya seperti ini mereka melakukan hal yang sama. Kalau yang gubernur itu menyampaikan itu benar, ini akan menjadi contoh yang buruk. Kami tidak tahu persis apa yang dikatakan,” kata Guspardi. 

 

Selain itu, Guspardi menegaskan, agar tidak berlarut-larut, pihaknya dapat memanggil Menteri Dalam Negeri Rusdi dan meminta penjelasan atas pernyataan tersebut. 

 

“Oleh karena itu, jika dia tidak mau lulus, Mendagri berhak memanggilnya sebagai trainer kepala pemerintahan daerah. Di sinilah dia harus memberikan penjelasan untuk menjelaskan apa masalahnya dari sisi gubernur. Untuk transfer, pemerintah juga akan menjelaskan agar tidak menimbulkan hal yang buruk dalam penataan kelembagaan ini.

 

Baca juga: PROFIL Rusdy Mastura, mantan Walikota Palu, sekarang Gubernur Sulawesi Tengah

 

Rusdi pada tahun 2011 Pada 1 Desember 2022 Dia mengaku tidak mengajukan permohonan Perpres Nomor 146/TPA tanggal 1 Desember 2022 yang mengangkat Novalina Wiswadewa sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Namun ia melihat ada yang ‘aneh’ dalam penunjukan Novalina. 

 

Dalam acara Serah Terima Sarana dan Prasarana Kelautan dan Perikanan Sulteng, Gubernur Rusdi Mastura mengatakan, “Saya tidak mempersoalkan keputusan presiden, saya hanya mempersoalkan proses yang saya duga adalah permainan.” Layanan memancing, kemarin.

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/12/15/anggota-komisi-ii-dpr-mendagri-perlu-tabayun-respon-pernyataan-gubernur-sulteng-soal-polemik-sekda

Lebih baru Lebih lama