Tim karate Indonesia berhasil meraih tiga medali emas, tiga perak, dan lima perunggu di Kejuaraan Karate Internasional -->

Iklan

Tim karate Indonesia berhasil meraih tiga medali emas, tiga perak, dan lima perunggu di Kejuaraan Karate Internasional

Senin, November 21, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Tim karate Indonesia berhasil meraih 11 medali pada Kejuaraan Karate Internasional Seri A WKF 2022 yang digelar di Istorah Senayan, Jakarta pada Minggu (20/11/2022).

Di final, Indonesia lolos dari enam wakilnya dengan empat nomor.

Yakni nomor kata beregu putra yang menampilkan Timnas PB Forky (Andy Dasril Dwi Dharmawan, Andy Tommy Aditya Mardana dan Albiadi) melawan tim Dicky Jakarta (Muhammad Zidan Bhagaskara, La Ode Andinuddin dan Chandra Nevo).

Kemudian giliran tim putri yang mengadu Timnas PB Forkey (Emilia Sri, Anugrah Nurul dan Diane Monika) melawan tim Jabar.

Sedangkan Kumit nomor dua pertandingan lainnya. Noor Angreni Anisa vs. Chandran Shahmalarani (Malaysia) di Kumite Putri -50kg. Juga Kumite Nomor +68kg Putri Rakauni Banuria Decenta vs Sullivan Hanna (Australia).

Dari keempatnya, Indonesia berhasil membawa tiga emas dan tiga perak. Tiga medali emas diraih tim putri Jawa Barat (Indonesia), sedangkan di tim putra, Timnas PB Forki dan Desenta meraih medali emas di Kumite +68kg.

Medali perak diraih tim Diki Jakarta (Indonesia) beregu putra, Timnas PB Forki beregu putri dan Anisa juara kumit -50kg no.

“Alhamdulillah, hari ini adalah hari terakhir penyelenggaraan rangkaian WKF Jakarta 2022. Seperti yang telah kami upayakan sejak awal, kami bekerja keras untuk sukses dalam menetapkan dan mencapai target event karate Indonesia.” Sekretaris Jenderal Raja Sapta Ervyan memberikan konferensi pers pada Minggu (20/11/2022).

Soal target, kami mematok target satu medali emas kemarin. Alhamdulillah target itu tercapai, dua lainnya malah meraih emas karena seluruh Indonesia berada di babak final.

“Jadi menurut saya ini adalah kerja keras para atlet, para pelatih, dan kita bisa melihat hasil kerja keras mereka selama ini di ajang internasional,” tambah Ervian.

Ervian menjelaskan usai Kejuaraan Karate Internasional WKF Seri A 2022, para atlet akan mempersiapkan diri untuk Kejuaraan AKF Senior, Cadet, Junior, U21 dan Para-Karate 2022 di Tashkent, Uzbekistan, 16-20 Desember 2022.

“Untuk timnas, setelah Seri A ini, kami bersiap untuk Kejuaraan Asia di Uzbekistan,” kata Ervian.

“Yang jelas persaingan di sini sangat kompetitif. Memang kita bisa lihat Jepang masih sangat kuat. Sukses laki-laki dan perempuan untuk mendapatkan hitungan kata,” lanjutnya.

“Jumlahnya cukup merata dari berbagai negara. Juga, 65 negara berpartisipasi dalam acara ini. Oleh karena itu dari segi nomor kumite sangat kompetitif karena karate berasal dari Jepang tetapi sekarang di Eropa. Tapi Indonesia bisa bersaing dan berimbang,” ujar Ervian.

Selain tiga medali emas dan tiga perak, Indonesia meraih lima medali perunggu dari lima medali.

Hasil ini merupakan pencapaian terbaik dalam sejarah Indonesia karena mampu menembus pentas dunia. Pasalnya, selama Kejuaraan WKF, Indonesia tidak mendapatkan emas untuk divisi senior.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/sport/2022/11/21/tim-karate-indonesia-raih-tiga-emas-tiga-perak-dan-lima-perunggu-di-kejuaraan-karate-internasional