Sultan Ternate memberikan gelar "Penguasa Laut Agung" kepada Laksamana Eudo Margono. -->

Iklan

Sultan Ternate memberikan gelar "Penguasa Laut Agung" kepada Laksamana Eudo Margono.

Jumat, November 25, 2022

Dunia-Ilmu.com, TERNATE – Panglima Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Udo Margono mendapat gelar kehormatan “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo” dari Sultan Ternate, Sultan Hidayatullah Sjah.

Dari Ternet Kesultanan, gelar kerajaan “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo” berarti “Penguasa Laut yang Agung”.

Seorang “Sangaji” adalah pemimpin atau penguasa yang memiliki suatu wilayah.

Sedangkan “ori ma ahi” adalah gelar pemimpin atau panglima angkatan laut.

“Ori Ma Ahi” bisa diartikan sebagai tameng yang terbuat dari tempurung kura-kura.

“Malamo” berarti “besar” menurut keahlian KSAL.

Merupakan kehormatan bagi saya untuk menerima gelar kehormatan dari Kesultanan Kesultanan atas nama “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo”. Ini bukan hal yang mudah untuk diterima, karena titel ini memiliki konsekuensi yang harus saya penuhi. Lamo Kadaton Sultan Ternet Foris di Maluku Utara berteriak pada Jumat (25/11/2022) setelah Yudo menerima gelar adat Kesultanan Ternet.

“Saya sangat berterima kasih kepada Kesultanan Ternet dan Kesultanan Ternet yang lebih luas lagi, karena mulai hari ini kita semua menjadi keluarga besar Kesultanan Ternet. Sebagai keluarga tentunya kita memiliki tanggung jawab moral kepada Kesultanan Ternet,” ujar Yudo.

Gelar kebangsawanan ini dianugerahkan kepada Laksamana Yudo Margono atas kepemimpinannya di TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan, keamanan dan perdamaian maritim Indonesia.

Pemberian gelar kehormatan atau gelar kebesaran sudah menjadi tradisi Kesultanan Ternate selama berabad-abad.

Pada abad yang lalu, para sultan Ternate juga memberikan gelar kepada utusan negara atau negara asing yang berkunjung ke Ternate.

Sultan Ternet Hidayatullah Sjah Udo mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Ternet yang telah bersedia mengukuhkan gelar kehormatan adat Ternet sebagai “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo” dan telah mendukung masyarakat Ternet.

Baca juga: Tunjangan KSAL Udo Margono, dinilai paling mumpuni menggantikan Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

“Dalam kapasitas ini, saya berharap Laksamana Yudo diberdayakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk menjalankan segala tugas, menjaga kedaulatan maritim bangsa dan pemerintahan ini,” ujarnya.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/25/sultan-ternate-anugerahi-gelar-penguasa-laut-terbesar-kepada-laksamana-yudo-margono