Sekda Kemendagri menekankan pentingnya kepala desa melakukan kegiatan pengabdian. -->

Iklan

Sekda Kemendagri menekankan pentingnya kepala desa melakukan kegiatan pengabdian.

Selasa, November 08, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen) (Kemendagri) Suhajar Diantoro menekankan pentingnya perangkat desa dalam menjalankan tugas pemerintahan.

Dikatakannya, ada empat fungsi pemerintahan yang meliputi pelayanan, pembangunan, pemberdayaan dan pengaturan.

Pesan tersebut ditegaskan dalam seminar dan kuliah Pencocokan Desa, Percepatan Pembangunan Wilayah Kepulauan dan Pesisir di Gedung F, Markas Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (8/11/2022). .

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Indonesia (Aspecsindo).

Suhajar menjelaskan bahwa fungsi pelayanan harus mencapai keadilan dalam masyarakat tanpa memandang status sosial atau lainnya.

Baca juga: PPKM Tahap 1 diperpanjang karena sub varian Omicron XBB, baca isi aturan dan himbauan Kemendagri

Dikatakannya, fungsi pelayanan merupakan fungsi dasar yang harus dijalankan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk kepala desa.

“Oleh karena itu tugas pengabdian ini adalah tugas pokok kita, dimanapun kita berada, jika kita merasa mengabdi kepada masyarakat, inilah tugas pelayanan,” jelasnya.

Mengenai tugas pembangunan, Suhajar menekankan bahwa perangkat desa dapat membangun kebutuhan masyarakat yang berbeda dengan menggunakan anggaran mereka.

Dikatakannya, jika hasil pembangunan tidak dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, maka dapat dikatakan pekerjaan tidak berjalan mulus.

Baca juga: Tim dari Kemendagri turun ke Jawa Timur, dimana APDD mampu merealisasikan dan menangani inflasi.

“Tindakan pembangunan harus mengarah pada kemakmuran, konstruksi sewenang-wenang tidak diperbolehkan,” kata Suhajar.

Kemudian tugas pemberdayaan yang dapat dilakukan oleh kepala desa salah satunya adalah membangun masyarakat yang mandiri untuk lepas dari lingkaran kemiskinan.

Jika upaya pemberdayaan ini tidak dilakukan, mustahil masyarakat yang terbantu akan kembali miskin.

“Setelah pembangunan melahirkan kesejahteraan, jika kesejahteraan, pemberdayaan masyarakat tidak dapat ditingkatkan, maka kemiskinan akan datang lagi,” kata Suhajar.

Baca juga: Kementerian Dalam Negeri: Peraturan Pemerintah No. 19

Tugas pemerintah selanjutnya adalah menciptakan sistem regulasi.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/08/sekjen-kemendagri-tekankan-pentingnya-kepala-desa-jalankan-fungsi-pelayanan