Sekarang ke Nusa Penida lebih nyaman setelah pelabuhan diresmikan oleh Presiden. -->

Iklan

Sekarang ke Nusa Penida lebih nyaman setelah pelabuhan diresmikan oleh Presiden.

Jumat, November 11, 2022

Dunia-Ilmu.com, SANUR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beberapa infrastruktur secara serentak di negara bagian Bali, Rabu (9/11/2022). Infrastruktur yang diresmikan antara lain Pelabuhan Beas Munjul di Nusa Penida, Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida, Pelabuhan Sanur dan Gedung VVIP di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Kariya Sumadi menjelaskan bahwa kebangkitan dan pembangunan infrastruktur merupakan kerja keras Kementerian Perhubungan dengan beberapa mitra menggunakan inisiatif KTT G20.

Budi Kariya Sumadi mengatakan, “Inisiatif para pemimpin dunia dan seluruh pemangku kepentingan yang akan datang, Menteri Keuangan, Menteri Perhubungan dan lainnya telah datang ke sini untuk melihat bagaimana Indonesia semakin baik dalam hal infrastruktur.

Pembukaan Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida dan Pelabuhan Beas Munjul di Nusa Ceningan disambut hangat oleh Gubernur Kabupaten Klungkung I Nyoman Suwirta saat berada di Kantor Kabupaten Klungkung.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden Jokowi dan kementerian terkait yang telah bersinergi dan tentunya kepada Gubernur Bali Bapak Wai Wain Koster di Kabupaten Klungkung yang telah mewujudkan impian masyarakat, pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas yang akan mendongkrak pariwisata di Nusa Penida yang akan berdampak pada masyarakat Klungkung pada umumnya dan perekonomian Nusa Penida pada khususnya,” kata Suwirta.

Ia mengatakan, upaya perluasan infrastruktur dan penunjang pariwisata di Kabupaten Klungkung, khususnya di tiga pulau yaitu Nusa Penida, Nusa Senningan dan Nusa Lembongan, masih dalam pengembangan namun masih terus dilakukan.

“Tahun 2022 sudah diinvestasikan Rp 60 miliar Rp 60 miliar untuk menyelesaikan perbaikan jalan yang dilakukan dengan sistem aspal beku,” katanya.

Pada kesempatan lain, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Klungkung I Wayan Kariana menegaskan wisatawan akan merasa lebih nyaman saat pelabuhan diresmikan menjadi Nusa Penida.

“Selama ini wisatawan yang datang ke Nusa Penida harus mengambil barang bawaannya atau menyusuri pantai untuk menuju kapal. Sekarang akan lebih memudahkan wisatawan melalui Pelabuhan Sampalan dan Pelabuhan Bias Munjul karena sekarang sudah ada dermaga. Terhubung langsung dengan kapal dan bagasi luas, jadi wisatawan bisa lebih lama tinggal di Nusa Penida. Bisa,” kata Wayan.

Bagi yang belum pernah ke Nusa Penida, sebaiknya segera merencanakan kunjungan ke pulau berjuluk Blue Paradise Island ini karena pemandangannya yang indah seperti Tanjung Juntil, Pantai Atuh, Pantai Intan, Molenteng, Bukit Teletabis. Pantai Bana/Batu Ring, Pantai Tembeling, Pantai Kelingking, Pantai Lumangan, Pantai Buaya atau Pantai Pandan, Teluk Lentuntung, Broken Beach atau Pasih Ug dan Angel Billabong akan memanjakan mata Anda.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/regional/2022/11/11/kini-ke-nusa-penida-jadi-lebih-nyaman-usai-pelabuhannya-diresmikan-presiden