Seberapa cepat proses transaksi menggunakan QR di lima negara ASEAN? -->

Iklan

Seberapa cepat proses transaksi menggunakan QR di lima negara ASEAN?

Senin, November 14, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA — Gubernur Bank Indonesia Perry Warjio mengatakan, di lima negara Asia Tenggara (ASEAN) yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina, Anda dapat menggunakan sistem pembayaran QR di mana pun Anda bepergian.

Kode QR Standar Indonesia, atau QRIS sendiri, tersedia di Thailand, dan akan segera menyusul di Malaysia, Singapura, dan Filipina.

“Sebelumnya sampai dua atau tiga hari, kadang 5 hari, langsung tidak langsung, pembayaran cepat, langsung. Ini era digital dan di luar pembentukan dana dalam negeri,” katanya pada sesi pertemuan G20 “Daerah”. Enhancing Digital Payment Connectivity” di Bali, Senin (14/11/2022).

Baca juga: Forum G20 menyetujui usulan Indonesia

Selain itu, pembayaran QR cepat dilakukan dalam mata uang lima negara, menghilangkan kebutuhan pengguna untuk mengonversi ke dolar Amerika Serikat (AS).

Tapi langsung rupiah ke ringgit, rupiah ke dolar Singapura, atau rupiah ke peso,” kata Perry.

Ia juga menilai kerja sama lima bank sentral tersebut merupakan warisan dan sejarah transformasi digital dalam sistem pembayaran.

“Dari hubungan di lima negara ASEAN menjadi hubungan global,” kata Perry.

Dia menambahkan, populasi lima negara ASEAN itu mendekati 500 juta jiwa, yang banyak di antaranya merupakan UKM.

“Di Indonesia kita memiliki 65,5 juta UKM yang 60 persennya adalah perempuan untuk menghidupi keluarganya dan menciptakan pemimpin seperti kita. Jadi kita memiliki dan menciptakan warisan untuk orang-orang ini melalui transformasi digital dan sistem pembayaran,” katanya. .

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/11/14/penggunaan-qr-di-lima-negara-asean-seberapa-cepat-proses-transaksi