PSI: Kemenangan tidak bergantung pada nomor induk parpol. -->

Iklan

PSI: Kemenangan tidak bergantung pada nomor induk parpol.

Kamis, November 17, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Partai Persatuan Indonesia (PSI) menyampaikan pidatonya terkait nomor urut pemilu ke sistem yang dikembangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia berdasarkan Undang-Undang (UU) dan Peraturan KPU (PKPU).

Hal itu ditegaskan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjan) PSI Satya Chandra Viguna saat ditemui awak media, Rabu (16/11/2022).

Baca juga: KPU akan merevisi PKPU jika aturan nomor induk parpol masuk dalam Perppu Pemilu.

“Jadi soal nomor urut pilkada, kami serahkan pada mekanisme yang dikembangkan KPU sesuai undang-undang dan PKPU,” kata Chandra.

Ia pun dengan yakin menegaskan kemenangan elektoral PSI tidak berdasarkan angka urut.

Tapi komitmen dan komitmen PSI untuk memerangi korupsi, intoleransi dan melindungi uang rakyat melalui perwakilan PSI di negara-negara bagian.

Oleh karena itu, jumlah partai politik yang berturut-turut yang dirasakan PSI sendiri bukanlah persoalan nyata dalam perebutan kemenangan PSI.

“Bagi kami, kemenangan PSI bukan berdasarkan angka yang berurutan, tetapi karena komitmen dan konsistensi PSI dalam memerangi korupsi, memerangi intoleransi, dan menjaga dana publik melalui perwakilan publik di negara bagian,” kata Chandra.

Setelah Pemilu 2019, kami akan terus berkarya dan untuk rakyat. Karenanya, nomor urut bukanlah bahan untuk kemenangan PSI. Di tahun Kami yakin PSI akan menang dengan kerja keras kami dari Pemilu 2019,” imbuhnya.

Baca juga: Sembilan parpol tak memenuhi syarat verifikasi fakta, KPU memberi waktu 13 hari untuk memperbaiki

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengusulkan agar nomor urut partai politik tidak boleh diganti dalam setiap pemilu. Menurut dia, perubahan itu akan mempersulit partai menyiapkan proposal untuk kampanye pemilu.

Ketua Komisi II DPP Ahmed Doli Kurnia mengatakan, hal itu masuk dalam pembahasan DPR dengan pemerintah dan KPU.

Baca juga: Parpol yang sudah diverifikasi secara empiris oleh KPU masih belum memenuhi kriteria.

“Nah, yang terakhir itu soal nomor urut. Kalau dikembangkan, ada keinginan dan kemudian kita diskusikan. Alhamdulillah, pemerintah sama sekali tidak mempermasalahkannya dalam pembahasan itu, KPU tidak mempermasalahkannya sama sekali, dan fraksinya sama. Satu-satunya orang yang diminta untuk dipertimbangkan saat itu,” ujar Dolly di kompleks tersebut. DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (15/11/2022).

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2022/11/16/psi-kemenangan-tidak-tergantung-nomor-urut-parpol