Presiden Jokowi: Hong Kong merupakan pintu masuk ekspor Indonesia ke China daratan -->

Iklan

Presiden Jokowi: Hong Kong merupakan pintu masuk ekspor Indonesia ke China daratan

Minggu, November 20, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Hong Kong berpotensi menjadi pintu masuk produk Indonesia ke China daratan.

Hal tersebut disampaikannya pada Jumat (18/11/2022) di Queen Sirikit National Convention Center Bangkok dalam pertemuan APEC Economic Leaders dengan John Lee, Chief Executive of the Hong Kong Special Administrative Region.

“Saya melihat banyak potensi untuk menciptakan kerja sama perdagangan yang berimbang, terutama dengan Hong Kong. Akses produk Indonesia dapat diperluas, termasuk perikanan, makanan olahan, dan rempah-rempah.”

Presiden dan CEO Hong Kong Special Administrative Region membahas tiga isu utama, yakni kerja sama perdagangan, investasi, dan perlindungan WNI di Hong Kong.

Dari sisi investasi, Presiden Jokowi mengajak para investor Hong Kong untuk mendukung pengembangan IKN sebagai kota hijau sebagai salah satu sumber investasi utama Indonesia.

“Investor Hong Kong dapat berpartisipasi dalam infrastruktur, transportasi, energi hijau, transformasi digital, dan industri bernilai tambah,” kata Presiden Jokowi.

Terkait perlindungan WNI di Hong Kong, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya atas dukungan dan fasilitas Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong, khususnya di masa pandemi COVID-19.

Sementara itu, Chief Executive Hong Kong John Lee mengucapkan selamat atas keberhasilan Indonesia yang diterima dengan baik oleh dunia G20.

Baca juga: APEC sepakat untuk meningkatkan perdagangan di tengah tantangan geopolitik dan ekonomi global.

Hong Kong juga akan berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga hadir dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi tersebut.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/20/presiden-jokowi-hong-kong-punya-potensi-sebagai-entry-point-ekspor-ri-ke-mainland-china