Presiden Joko Widodo telah mengundang Kanada untuk menjadi mitra ASEAN dalam implementasi AOIP -->

Iklan

Presiden Joko Widodo telah mengundang Kanada untuk menjadi mitra ASEAN dalam implementasi AOIP

Sabtu, November 12, 2022

Dunia-Ilmu.comKemitraan ASEAN-Kanada memasuki tahun ke-45, namun masih dalam mode mitra dialog. Untuk meningkatkan kemitraan ASEAN-Kanada menjadi kemitraan strategis, perlu dikembangkan substansi dengan memberikan kerja sama yang lebih konkrit.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo di hadapan Menko Perekonomian pada Commemorative Meeting ACN-Canada (12/11/2022).

“Kerja sama dalam konteks Indo-Pasifik dapat menjadi salah satu proyek yang diluncurkan antara ASEAN dan Kanada,” kata Presiden Jokowi pada pertemuan puncak yang dihadiri para pemimpin ASEAN dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Menurut Presiden Joko Widodo, isu keamanan di kawasan Indo-Pasifik sangat penting, namun isu ekonomi dan pembangunan juga tidak kalah penting.

“ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) memiliki empat prioritas kerjasama yaitu konektivitas, maritim, SDGs dan perdagangan investasi. Kanada dapat menjadi mitra ASEAN dalam implementasi AOIP,” kata Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan ini, Presiden Joko Widodo mengundang Kanada untuk berpartisipasi dalam Indo-Pacific Infrastructure Forum yang akan diselenggarakan tahun depan di bawah kepemimpinan Indonesia pada tahun 2023.

“Indonesia mengundang Kanada untuk berpartisipasi dalam forum tersebut,” kata Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Presiden Joko Widodo dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa dunia yang tidak tenang ini lebih penting diisi dengan kerja sama praktis yang saling menguntungkan.

Menghadiri KTT Peringatan ASEAN-Kanada untuk bepergian bersama Presiden Joko Widodo.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/13/presiden-joko-widodo-ajak-kanada-secara-konkret-jadi-mitra-asean-untuk-implementasi-aoip