PNM dan PIP menyepakati pembiayaan modal kerja untuk Usaha Ultra Mikro. -->

Iklan

PNM dan PIP menyepakati pembiayaan modal kerja untuk Usaha Ultra Mikro.

Selasa, November 08, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM telah sepakat bermitra dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) untuk memberikan pembiayaan modal kerja bagi Usaha Ultra Mikro (UMI).

Penandatanganan kesepakatan pembiayaan super mikro dilakukan oleh Direktur Utama PT PNM Rif Mulyadi dan Kantor PIP Menteng, Direktur Utama PIP Jakarta Pusat Ririn Kadariah.

Berbicara pada Senin (7/11/2022), Direktur Utama PNM Arif Mulyadi mengatakan, “Dengan pembiayaan ini, kami berharap PNM akan terus menjadi lembaga jasa keuangan yang mampu menjadikan UMKM sebagai motor penggerak perekonomian rakyat.”

Baca juga: Kolaborasi PNM dan Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Fasilitasi Penanganan Kemiskinan Ekstrem

Dijelaskan Arif, pembiayaan yang diusulkan adalah Rp600 miliar untuk pembiayaan reguler dan Rp1,4 triliun untuk pembiayaan Mudharabah Muqayadah.

“Pembiayaan tiga tahun ini ditujukan untuk memberikan pembiayaan modal kerja kepada pelaku usaha ultra mikro melalui PNM untuk terus mengembangkan usahanya,” jelasnya.

Sebagai informasi, per 3 November 2022, PNM sebesar Rp 156,8 triliun. Total 13 juta nasabah disalurkan kepada nasabah PNM Makar.

Saat ini, PNM memiliki 4.197 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 provinsi, 513 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan.

Penandatanganan kerjasama tersebut dihadiri oleh M. Zeki Arifuddin, Direktur Manajemen Aset Penerima PIP, Aris Saputro, Direktur Manajemen Hukum dan Risiko PIP, Muhammad Yusuf, Direktur Kerjasama Keuangan dan Pembiayaan PIP, Yulianto, Kepala Bagian Hukum I PIP . , Hermawan selaku Penasehat PT PNM, dan Tony Wijayanto Kepala Departemen Keuangan PT PNM.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/11/08/pnm-dan-pip-sepakati-pembiayaan-modal-kerja-untuk-pelaku-usaha-ultra-mikro