MRT Jakarta memasang tiga stasiun pengisian tenaga surya di TOD Dukuh Atas Sudirman. -->

Iklan

MRT Jakarta memasang tiga stasiun pengisian tenaga surya di TOD Dukuh Atas Sudirman.

Selasa, November 08, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – PT MRT Jakarta resmi meresmikan stasiun pengisian Solar VP di Dukuh Atas Transit Oriented Development (TOD), Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2022).

Ada tiga stasiun pengisian Solar VP atau stasiun pengisian tenaga surya yang tersebar di Dukuh Atas TOD dan dapat digunakan oleh masyarakat yang menggunakan angkutan massal MRT.

Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta Farchad Mahfud mengatakan PT MRT Jakarta memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, terutama mengurangi kemacetan dalam bentuk pelayanan, yang juga berdampak tidak langsung pada pengurangan emisi karbon.

Baca juga: Dirut PT MRT Jakarta Mohamed Aprindi, baru di Anies Basedan tapi Heru Budi dicopot.

“Hal ini sejalan dengan rencana Pemprov DKI Jakarta untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen pada 2030 dan mencapai 100 persen net zero emisi pada 2050,” kata Farchad Dukuh Atas saat peresmian stasiun pengisian TOD Solar VP.

Peresmian Transit Oriented Development (TOD) Stasiun Pengisian Solar VP Dukuh Atas;
Peresmian stasiun pengisian Solar VP di Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2022).

Stasiun pengisian Solar VP memasok listrik dari energi terbarukan dengan sertifikat energi terbarukan PLN.

Stasiun pengisian VP merupakan inovasi MRT Jakarta untuk memperkuat ekosistem angkutan umum dan kawasan berorientasi transportasi yang ramah lingkungan.

“Inisiatif ini dimulai di Dukuh Atas TOD dengan harapan daerah ini dapat dilihat dan didengar oleh semua orang karena daerah ini merupakan salah satu daerah percontohan TOD Indonesia yang dikunjungi tidak hanya dari Jakarta tetapi juga dari Jabodetabek. Dan juga dari daerah lain. daerah di Indonesia.

Menurut GM PLN Divisi Distribusi Jabodetabek, Dodi Pangaribuan, PT MRT Jakarta merupakan BUMD pertama yang berkomitmen menggunakan listrik dari energi baru dan terbarukan.

Baca juga: Lowongan MRT Jakarta untuk lulusan S1, berikut kualifikasinya.

“Kami menerbitkan Sertifikat Energi Terbarukan sebagai bukti bahwa listrik yang dipasok atau digunakan MRT berasal dari sumber energi baru dan terbarukan,” kata Dephan.

Kepala Badan Mitigasi dan Adaptasi Daerah Diki Jakarta Rina Suriani memuji langkah yang dilakukan MRT Jakarta.

“Oleh karena itu, kami di Dickey County Government mengapresiasi seluruh kegiatan masyarakat serta dunia usaha yang mendukung dan berkontribusi dalam pengurangan emisi gas rumah kaca,” ujar Rina.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/11/09/mrt-jakarta-pasang-tiga-charging-station-bertenaga-surya-di-tod-dukuh-atas-sudirman