Menyelidiki kasus gagal ginjal, BareScream juga mendokumentasikan untuk pengujian laboratorium pada sampel bahan baku obat. -->

Iklan

Menyelidiki kasus gagal ginjal, BareScream juga mendokumentasikan untuk pengujian laboratorium pada sampel bahan baku obat.

Senin, November 07, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Tim Reserse Kriminal Gabungan Polri disebut sedang mempelajari dokumen dan uji laboratorium terhadap sampel bahan baku sirup penyebab gangguan ginjal pada anak.

Pendalaman dokumen dan pemeriksaan laboratorium tersebut menyusul pengambilan sampel bahan baku dari PT Afi Pharma dan pengujian terhadap 15 karyawan PT oleh Bareskrim Polri beberapa waktu lalu. Di Kediri, Jawa Timur.

Dalam keterangannya, Senin (11/7/2010), Kepala Divisi Humas Divisi Humas Polri, Coombs Paul Noorul Aziza, mengatakan: “Kami sedang memverifikasi dokumen dan uji laboratorium dari sampel yang diambil. ” 2022)

Nurul juga mengatakan, polisi terus melakukan penyelidikan terhadap PT UPI, produsen Sirup Unibay.

Unibaby Syrup diketahui mengandung bahan baku Propylene Glycol (PG) yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal pada bayi.

Diketahui bahan baku obat jenis PG yang digunakan PT UPI diperoleh dari PT LS, PT BA dan PT MSAK, kata Nurul.

“Rencana pemantauannya adalah pengambilan sampel dan pemeriksaan pemasok bahan baku PG,” pungkasnya.

Sebelumnya pada Rabu (2/11/2022), polisi memeriksa 15 saksi terkait gangguan ginjal pada anak dan dilaporkan sejumlah bahan baku diambil dari PT Afi Pharma di Kota Kediri, Jawa Timur.

Pipit Riswanto, Direktur Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Negara Republik Indonesia (DirtyPedter), mengatakan pihaknya saat ini sedang mengusut kasus gangguan ginjal pada anak yang diduga narkoba produksi perusahaan.

Pipit menegaskan, Kamis (11/3/2022) “Masih bekerja ya, semakin kuat dengan penyitaan beberapa sampel produk bahan baku.”

Baca juga: BareCrim Selidiki BPOM Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut dan Kegagalan Pemberian Obat Sirup

Pipit menjelaskan, polisi saat ini sedang melakukan uji laboratorium terhadap bahan baku narkoba yang disita dari pihaknya.

Dia kemudian mengatakan bahwa dia yakin bahwa proses penyelidikan yang sedang berlangsung di wilayah Kediri dapat menemukan titik terang dalam waktu seminggu.

“Kami berharap minggu ini ada kejelasan. Kami juga akan membawa sampel bahan baku baru, kami akan memeriksa beberapa drum,” katanya.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/07/telisik-kasus-gagal-ginjal-bareskrim-dalami-dokumen-hingga-lakukan-uji-lab-sampel-bahan-baku-obat