Menurut panitia pernikahan Kaisang, Eric Tohir dinilai mendapat dukungan dari Presiden Jokowi -->

Iklan

Menurut panitia pernikahan Kaisang, Eric Tohir dinilai mendapat dukungan dari Presiden Jokowi

Senin, November 21, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Keterlibatan Menteri BUMN Eric Tohir dalam menyelenggarakan pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kiasang Pangarep, dinilai memiliki makna tersendiri.

Secara politis, keputusan menjadikan Eric Tohir sebagai anggota panitia bisa diartikan sebagai restu Jokowi di Pilpres 2024.

“Mudah terlihat siapa yang dipercaya menjadi ketua panitia pernikahan Kesang,” kata Fajr Nawasena, pendiri Lembaga Masyarakat Indonesia dan Kiki Rizki Yoktavian dari Pusat Studi Demokrasi, Minggu (20/11/2011). . 2022)

Menjadi ketua panitia pernikahan yang sarat ritual adat dan sangat religius ini memiliki kedekatan tersendiri antara Jokowi dan Eric Tohir.

“Menjadi Ketua Panitia Nikah Anak Jokowi itu pertanda, pertanda yang sulit dibantah kalau itu untuk orang itu,” kata Wakil Ketua PKB Sumsel itu.

KIKI 2024 Kebanyakan orang melihat capres dan cawapres yang diinginkan Jokowi hanya dari segi elektabilitas.

Baca juga: Eric Tohir menyebut calon wakil presiden favorit kaum muda itu

Padahal, jika kita mempelajari kebudayaan Jawa, setidaknya ada tiga hal yang ditegaskan kepada penerus ketika seorang raja atau pemimpin mengakhiri masa pemerintahannya atau mengundurkan diri.

Pertama, dia mencerahkan Kiki, memastikan warisan yang ditinggalkan tetap terjaga. Kedua, memastikan kesinambungan program, target dan tujuan berkesinambungan, dan ketiga memastikan penerus adalah orang yang amanah yang akan menjaga anak-anak mereka dan anak-anak mereka.

“Dari tiga hal ini, yang pertama dan kedua sangat mungkin, tapi yang ketiga sebenarnya hanya orang-orang yang percaya pada Jokowi,” ujarnya.

Lanjut Kiki, setelah peristiwa Projo di Magelang, masyarakat mencurigai dukungan Jokowi terhadap Ganjar Prabowo dan kemudian pasca peristiwa Perindo, banyak masyarakat yang menduga Jokowi mendukung Prabowo.

Kiki mengamati kuda hitam di balik nama itu adalah Eric Tohir, yang ditunjuk Jokowi sebagai ketua panitia pernikahan Kasang.

“Tebak betul siapa yang memprediksi dengan tepat angka yang akan “disetujui” oleh Jokowi? Bersama-sama, kita dapat berpikir dengan akal sehat bahwa urusan politik lebih mengharukan, tetapi urusan perkawinan itu sakral dan orang terdekat dan paling tepat ditunjuk untuk melaksanakannya karena orang itu adalah tanda dan perwujudan dari tuan rumah yang dimaksud. Dia berkata.

(Tribunnews.com/Erik Sinaga)

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/21/jadi-panitia-pernikahan-kaesang-erick-thohir-dinilai-dapat-dukungan-presiden-jokowi