Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menyebut hari peresmian khusus Papua Nugini baru -->

Iklan

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menyebut hari peresmian khusus Papua Nugini baru

Jumat, November 11, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karanaviam meresmikan tiga Daerah Otonom (DOB) Papua yang baru.

Pelantikan ini bertepatan dengan pemilihan pejabat gubernur di tiga provinsi baru Papua Nugini.

Ketiganya adalah Pj Gubernur Papua Selatan Apollo Saphanpo, Pj Gubernur Dataran Tinggi Papua Nicholas Kondomo, dan Pj Gubernur Papua Tengah, Rebekah Haluk.

Dalam sambutannya Tito menyampaikan bahwa wisuda dan wisuda hari ini sangatlah spesial.

Baca juga: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik tiga Pj Gubernur Papua Nugini

Awalnya, Tito menjelaskan, pemilihan pelantikan Papua Nugini atas usulan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo.

Tito Kementerian Dalam Negeri mengatakan, “Kami sibuk di minggu-minggu pertama G20, jadi kebetulan dan kebetulan. Jadi kami serahkan ke presiden, staf pengukuhan dan peresmian negara berlangsung pada hari Jumat.” Kantor Perkara, Jakarta Pusat, Jumat (11/02) 22/11).

“Namun Wamenhub mengatakan belum pernah mencari tanggalnya. Mudah diingat tanggal 11, 11 bulan 2022,” katanya.

Menariknya, tambah Tito, ada kesamaan antara angka yang tercantum dalam Undang-Undang Otonomi Khusus Papua (OTSUS) dengan tanggal berdirinya Papua Nugini saat ini.

Tapi lebih dari itu, sebenarnya ada hal menarik juga, karena UU Otsus Papua pertama tahun 2011 UU Otonomi, UU No 2 Tahun 2021, No 2 dan satu lagi,” ujarnya.

Selain itu, Tito melafalkan sumpah pelantikan secara langsung pada saat pelantikan dan pelantikan Pj Gubernur yang diikuti oleh ketiga Pj Gubernur.

“Sebagai Pj Gubernur Papua Selatan, Pj Gubernur Dataran Tinggi Papua, sebagai Pj. Orang Papua Tengah, saya berjanji akan melaksanakan tanggung jawab saya dengan sebaik-baiknya dan adil. Menghormati dan melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, segala peraturan perundang-undangan dengan jujur. dan setia kepada masyarakat, Bakat untuk negara dan negara,” kata Tito.

Ketua KPU Hasim Asiari, Ketua DKPP Hedi Lukito dan Wakil Jaksa Agung Sunartha hadir dalam acara pelantikan tersebut.

Selain itu, hadir pula beberapa anggota DPR dan DPD Papua.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/11/mendagri-tito-karnavian-sebut-unik-tanggal-peresmian-dob-papua