Mahfud MD Sebut Ada Star War di Polri Soal Tambang Ilegal, Begini Penjelasannya -->

Iklan

Mahfud MD Sebut Ada Star War di Polri Soal Tambang Ilegal, Begini Penjelasannya

Minggu, November 06, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mencontohkan ada perang bintang di Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) terhadap mafia pertambangan ilegal.

Perang bintang yang dimaksud adalah saling serang pejabat senior (PATTI) terkait pelanggaran hukum.

“Isu Star Wars terus muncul. Dalam perang ini, orang-orang berpangkat tinggi yang sudah menjadi bintang saling membuka kartu truf.

Kita perlu mencari sumber masalahnya dan segera menekannya,” kata Mahfud kepada wartawan, Minggu (11/6/2022).

Dalam kasus penambangan liar, Mahfoud melihat ada yang janggal terkait video kesaksian mantan polisi Ismail Bolong yang beredar.

Keanehan tersebut disebabkan oleh penjelasan dari video yang dilakukan Ismael Bolong.

Baca juga: Brigadir Jenderal Hendra Ismail Bolong dipanggil untuk memberikan kesaksian tentang setoran Rp 6 miliar untuk Cabarescream.

Ismail Bolong mengatakan, video kesaksian itu diminta oleh Biro Pengamanan Dalam Negeri (PAMINAL) Satuan Profesi dan Pengamanan (PROPAM) Polri yang saat itu dipimpin oleh Brejjen Paul Hendra Kurniawan.

Setelah itu, Ismail Bolong resmi pensiun mulai 1 Juli 2022.

“Aneh. Tapi isu mafia pertambangan sangat luas dengan semua dukungan,” kata Mahfoud.

Isi kesaksian Ismail Bolong tentang mafia pertambangan ilegal

Awalnya, video Ismael Bolong yang menyerahkan uang hasil penambangan ilegalnya kepada Kepala Bareskrim Polri Komjen Paul Agus Andrianto sempat menjadi bahan diskusi bertajuk “Mengungkap Persekongkolan Penjahat Tambang di Polri dengan Oligarki Pertambangan”. Dapo Pejaton Cafe, Jakarta Selatan Kamis (3/11/2022).

Dalam video tersebut, Ismail Bolong terlihat membacakan surat pernyataan yang menyatakan bahwa ia bekerja sebagai pengumpul konsesi pertambangan batubara ilegal di Desa Santa Ulu, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutaikartanegara, Kalimantan Timur.

Ismail Bolong mengatakan dalam video tersebut, “Mengenai keberadaan tambang batu bara di Kaltim, memang benar saya bekerja sebagai pengumpul batu bara tanpa kesepakatan.”

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/06/mahfud-md-sebut-ada-perang-bintang-di-polri-terkait-mafia-tambang-ilegal-begini-penjelasannya