Kompetisi ini membuat mekanik bengkel lebih handal dan profesional -->

Iklan

Kompetisi ini membuat mekanik bengkel lebih handal dan profesional

Jumat, November 11, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Bengkel sepeda motor rutin dikunjungi oleh pemilik sepeda dan sepeda motor jika pelayanan sepeda motor oleh mekanik memuaskan.

Oleh karena itu, pemilik bengkel harus terus meningkatkan keterampilan atau kemampuan mekaniknya melalui berbagai program pelatihan.

Salah satunya diadakan oleh PT ExxonMobil Lubricants Indonesia dalam Program Federal Oil Mechanic Competition 2022, produsen pelumas oli federal.

Program ini membutuhkan pengetahuan mekanik yang handal dan mendalam, terutama mengenai permasalahan sepeda motor untuk berbagai merek yang ada, serta teknologi mesin saat ini.

Direktur penjualan B2C PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) Heri Hambali mengatakan ketika dihubungi, “Ketika orang datang ke bengkel, kami ingin merasakan bahwa mekanik terlatih dengan baik dan mereka akan melayani dengan aman.” Kompetisi mekanik bengkel mekanik oli federal tertinggi. Turnamen 2022 akan digelar di Gading Serpong, Tangerang pada Kamis, 10 November 2022.

Heri menjelaskan, 1.200 mekanik dari 900 bengkel di total 2.400 pusat minyak federal Indonesia mengikuti kompetisi ini.

Baca juga: Pasarkan Ban Motor Dengan Aplikasi Smartphone, FDR Selenggarakan 500 Workshop

Dijelaskannya, kapasitas reparasi sepeda motor dari bengkel-bengkel yang mengikuti kompetisi ini berbeda-beda. Ada yang bisa menangani 10 sepeda motor per hari, 15 sepeda motor per hari, bahkan 30 sepeda motor per hari.

Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia Sri Adinegara menambahkan, kegiatan balap mekanik ini dimulai pada pertengahan tahun dengan road show ke berbagai kota.

Dalam kompetisi ini, pemilihan mekanik bengkel dilakukan secara ketat, dan salah satu parameter utamanya adalah bagaimana mereka melayani konsumen. “Kami memilih 10 besar di grand final dan 5 di antaranya dipilih kembali malam ini untuk memenangkan hadiah pertama,” katanya.

Mereka menjelaskan bahwa balapan mekanik ini diambil secara offline kemarin setelah menjadi virtual selama wabah.

Ada 3 tahap seleksi mekanik peserta Lomba Mekanik 2022, tahap 1 online, dilanjutkan tahap 2 di beberapa kota seperti Bangui, Yogyakarta, Bali, Surabaya, Medan Jambi dan Jakarta.

Surya Parayoga dari Bengkel Graha Motor Kuningan Jawa Barat meraih juara 1 dan membawa pulang 1 sepeda motor matic, sedangkan Heri Mulianto selaku pemilik bengkel mendapatkan hadiah berupa perlengkapan penunjang bengkel.

“Tahun ini pemenangnya semua bengkel baru kita. Kita lihat dari jaringan baru ini, mereka lebih maju dalam hal tracking,” kata Sri Adinegara.

Baca juga: Kompetisi ini mempertemukan 47 mekanik bengkel mobil dan motor.

Ia menambahkan, kompetisi mekanik ini juga melibatkan pemilik bengkel. “Bagi pemilik bengkel, program ini memberikan keuntungan mekanik untuk dapat melayani konsumen,” ujarnya.

Selain itu, kompetisi mekanik ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penjualan oli, sekaligus meningkatkan pendapatan bengkel.

Dia menambahkan, penjualan oli di bengkel sepeda motor yang merupakan bagian dari jaringan Federal Oil Center rata-rata hampir dua kali lipat dari apotik biasa.

“Melalui kompetisi mekanik ini, kami akan memberikan pelatihan pelayanan kepada konsumen dan kedepannya kami akan memberikan materi pelatihan bisnis kepada pemilik bengkel,” ujarnya.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/11/11/kontes-ini-cetak-mekanik-bengkel-makin-andal-dan-ahli