Kiamat Energi Ancam, Ukraina Evakuasi Tiga Juta Warga Kyiv. -->

Iklan

Kiamat Energi Ancam, Ukraina Evakuasi Tiga Juta Warga Kyiv.

Senin, November 07, 2022

Dunia-Ilmu.com, KYIV – Pihak berwenang di ibukota Ukraina, Kyiv, telah mulai menerapkan kebijakan darurat, mengevakuasi sisa 3 juta penduduk kota.

Rencananya, untuk mengantisipasi gangguan total pasokan listrik di Ukraina akibat serangan rudal Rusia.

Roman Tkachuk, Direktur Keamanan Administrasi Kota Kyiv, mengatakan pada hari Minggu bahwa Sejak 10 Oktober, 40 persen infrastruktur energi negara mereka telah dihancurkan oleh drone kamikaze Rusia.

Namun, memicu invasi, Rusia melakukan serangan, memperburuk situasi di fasilitas energi Ukraina dan memaksa pemerintah daerah untuk memutus pasokan listrik dan air ke jutaan warga.

“Jika ibu kota Ukraina terancam hancur total, tidak akan ada pasokan air, dan sistem pembuangan limbah akan berhenti. Dalam waktu dekat, kami akan meminta mereka untuk pergi.” Tkachuk menjelaskan.

Meskipun krisis energi saat ini di ibu kota Kyiv, Tkachuk menegaskan bahwa situasi di wilayahnya masih terkendali, menekankan bahwa evakuasi bukan bagian dari eksodus.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina: Putin meminta warga Kherson untuk mengungsi, 450.000 rumah di Kiev tanpa listrik.

Sebelum pemerintah Kiev mengumumkan rencana untuk mengevakuasi jutaan warganya, perusahaan layanan energi nasional Ukraina telah berulang kali mengancam pemadaman listrik di berbagai daerah.

Namun, khawatir situasi warga Ukraina akan menghadapi masalah selama musim dingin, ia akhirnya memaksa pemerintah setempat untuk menerapkan kebijakan darurat.

Baca juga: Kyiv: Rusia terus mengevakuasi warga sipil dari Kherson sambil memperkuat pertahanan.

Untuk mendukung rencana ini, para pejabat Kiev bahkan telah mulai mempersiapkan hampir 1.000 tempat penampungan berpemanas yang dapat berlipat ganda jika terjadi serangan militer oleh Moskow, Russia Today melaporkan.

Langkah ini diambil tidak hanya untuk menyelamatkan nyawa jutaan orang, tetapi juga untuk memastikan keseimbangan berkelanjutan dari sistem energi nasional di Ukraina.

termasuk menghindari kejadian berulang yang nantinya dapat mempengaruhi kinerja jaringan listrik nasional.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/internasional/2022/11/07/terancam-kiamat-energi-ukraina-akan-evakuasi-tiga-juta-penduduk-kyiv