Kemendikbudristek: 2022 pelamar dana pendamping karir meningkat 300 persen. -->

Iklan

Kemendikbudristek: 2022 pelamar dana pendamping karir meningkat 300 persen.

Senin, November 07, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Pada tahun 2022, program Dana Pencocokan Karir Terkumpul 176 proposal inovatif dari 70 Perguruan Tinggi Profesional Penyelenggara Perguruan Tinggi (PTPPV) dan 156 mitra industri.

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbudristek Benny Bandanadjaja mengatakan jumlah proposal tahun ini meningkat signifikan, mencapai 300 persen dibandingkan tahun lalu.

Baca juga: Kemendikbudristek mendukung pengembangan industri fashion oleh siswa SMK

“Salah satu tujuan dari program ini adalah untuk mengembangkan metode belajar siswa dan dengan mengajak siswa pada model pembelajaran yang secara langsung mengajarkan dunia usaha di industri (DUDI), siswa akan mendapatkan pengalaman praktis serta pembelajaran berbasis proyek, ” kata Bani dalam keterangan tertulis Senin (7/11/2022).

Di tahun Pada tahun 2021 hingga 2022, distribusi slot proposal Program Dana Pendamping Edisi Karir 2022 telah meningkat secara signifikan di banyak wilayah.

Seiring dengan jumlah proposal yang terus meningkat, pendanaan pemerintah untuk program tersebut juga meningkat pesat.

Pendanaan ini sudah mencapai 100 persen.

“Jumlah dana yang diberikan Ditjen Pendidikan Vokasi untuk program ini pada tahun 2021 sebesar US$30 miliar,” kata Beni.

“Sementara, total yang dibayarkan akan meningkat menjadi Rp 68 miliar pada 2022. Nanti akan dibagikan uangnya sesuai proposal yang diajukan ke Kedaireka,” tambah Benny.

Baca juga: Kemendikbudristek memberhentikan 194 guru SMK dan magang di kampus asing

Sementara itu, di Pada 2022, program dana pendamping melalui Kedaireka akan mencakup lima tema prioritas, yaitu ekonomi biru, ekonomi digital, ekonomi hijau, kebebasan kesehatan, dan pengembangan pariwisata.

Selain kelima tema tersebut, Matching Fund 2022 juga membuka usulan umum lainnya.

Ekonomi biru mencakup pengembangan dan pengelolaan sumber daya laut serta pengembangan teknologi pengelolaan sumber daya laut.

Baca juga: Nadiem Makarim: Kemendikbudristek Perkuat Keterampilan Siswa SMK Bidang Tata Busana

Ekonomi digital adalah pengembangan industri game dan animasi, penciptaan dan pengembangan layanan berbasis teknologi untuk UKM.

Ekonomi hijau mencakup pertanian berkelanjutan, konservasi sumber daya dan energi terbarukan.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/07/kemendikbudristek-pengusul-matching-fund-vokasi-2022-meningkat-300-persen