Kapolri telah mengkonfirmasi bahwa pertemuan G20 dilakukan dengan aman dan selamat setelah latihan keamanan dan peninjauan lokasi. -->

Iklan

Kapolri telah mengkonfirmasi bahwa pertemuan G20 dilakukan dengan aman dan selamat setelah latihan keamanan dan peninjauan lokasi.

Minggu, November 06, 2022

Dunia-Ilmu.com, Denpasar – Panglima Polri Jenderal Listo Sigit Prabowo bersama Kepala Perwira Mabes Polri (PJU) melakukan latihan bersih bagi aparat keamanan pada pertemuan G20 di Bali pada Minggu, 6 November 2022.

Selain latihan militer, Kapolri juga meninjau beberapa tempat yang dikunjungi delegasi negara G-20.

Jenderal Listio Sigit Prabowo mengatakan di Garuda Wisnu, “Sejak pagi ini, kami telah melakukan serangkaian latihan untuk mempersiapkan parade keamanan, dan kemudian kami telah melihat lokasinya. Kenkana (GWK), Bali.

Selain itu, Kapolri akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memastikan titik-titik pengamanan dibagi menjadi tiga ring pengamanan.

Melalui koordinasi langsung ini, Kapolri ingin agar seluruh aparat keamanan memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing ring keamanan.

“Kami yakin pengamanan secara keseluruhan khususnya yang dilakukan oleh pihak kepolisian dan juga TNI dapat berjalan dengan baik, koordinasi di lapangan juga dapat berjalan dengan baik. Kami berharap semua rangkaian tersebut dapat berjalan dengan aman ke depannya,” ujar mantan petugas investigasi kejahatan polisi.

Ia juga mengatakan Kapolri akan menerjunkan personel di setiap posko perbatasan di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Di titik-titik perbatasan menuju Bali, Kapolri juga telah memasang kamera CCTV yang dilengkapi pemindai wajah untuk pengenalan wajah.

“Jadi daftar dan informasi orang-orang yang kita kendalikan semuanya dikendalikan. Dan tentunya, kami akan terus mengevaluasi semuanya untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik,” katanya.

Baca juga: Kapolri Polda Bali Jenderal Listo Sigit Kaji Komando Pusat Pastikan Keamanan KTT G20

Mantan Kapolres Banten itu berkoordinasi dengan kementerian terkait dalam rangkaian kunjungan kerja ke Bali demi kelancaran KTT G-20. Tujuannya agar mereka bisa bekerja sama dalam sebuah pusat komando yang dibuat oleh polisi.

“Jadi seluruh masyarakat atau pengunjung harus dipantau, baik dari luar negeri maupun dalam negeri,” kata Listo Sigit Prabowo.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/06/kapolri-pastikan-ktt-g20-berjalan-lancar-dan-aman-usaigladi-pengamanan-dan-tinjau-venue