Kakek gadis itu Hambali membeberkan rahasia panjang umur pahlawan kehidupan -->

Iklan

Kakek gadis itu Hambali membeberkan rahasia panjang umur pahlawan kehidupan

Kamis, November 10, 2022

Ini adalah pemahaman dan asumsi lama.Inilah yang pernah dikatakan Blatawa Hambeli. Kuantitatif di alam; Hanya statistik. Itu selalu diperbarui melalui kerja kreatif dan efektif.

Ini adalah rangkaian momen dimana kakek berusia 75 tahun ini menceritakan kisah inspiratif tentang orang-orang yang hidup panjang umur, bahagia, sehat dan produktif.

“Konsistensi adalah kunci kesuksesan dan kesehatan mental. Keputusan dan stabilitas dalam tindakan. Hidup sehat membutuhkan tekad. Fokus pada tujuan,” kata Balatawa Hambali, dalam diskusi dengan pegiat seni dan budaya Eddie Carcito di Jakarta, Kamis, 10 November 2022.

Bersama sosok inspiratif ini, kami mengungkap kisah orang-orang yang telah berumur panjang dengan pesan-pesan hikmah dan biografi.

Balatawa Hambali dihargai atas prestasinya di usia muda — lebih dari dua pertiga abad.

Dengan aktif menempuh jarak 966,16 km dalam 48 sesi, dari 11 – 24 Juli 2022, ia memenangkan Virtual Run and Ride. Mengambil posisi ketiga, pada acara MCI 12 Years Anniversary Virtual Fun Race 2022.

Tentang Kontes Kegembiraan Fantasi Tahunan 12 Tahun MCI 2022, MCI telah 12 tahun sejak didirikan dan telah menjadi jembatan lahirnya banyak orang yang menginspirasi.

Salah satunya adalah Balatawa Hambeli. Balatawa Hambali berhasil meraih prestasi luar biasa di usia muda.

Atas pencapaian ini, Balatawa mengaku tidak banyak yang diinginkan. Panjang umur dan kesehatan adalah anugerah, katanya. “Mengalir saja,” kata pria kelahiran Sukabumi, 15 Juli 1947 itu.

Bersepeda adalah salah satu olahraga favorit Balatawa Hambali. Selain hobi jalan kaki hingga sepuluh kilometer. Tidak ada alasan yang lebih logis untuk menjalani hidup yang bahagia selain bersenang-senang. Kedua hobi ini membuatnya tetap sehat jasmani dan rohani.

Hampir setiap hari Balatawa bersepeda atau berjalan kaki puluhan kilometer. Ia berangkat dari kediamannya di kawasan Grogol Jakarta Barat menuju Pantai Inda Kapuk (PIK 2) Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

“Kalau pulang, jaraknya sekitar 33 kilometer dan butuh waktu sekitar sembilan jam. Naik sepeda sendiri, jalan sendiri. Kendalanya terkadang ban kempes atau bocor. Saya perbaiki dengan alat yang saya bawa sendiri,” kata pria yang memiliki pengalaman luar biasa mengendarai sepeda motor dari Jakarta ke Aceh, melintasi perbatasan yang sebagian besar wilayahnya masih gurun.

Balatawa dapat menjadi simbol dari aspek kemanusiaan kekuatan hidup Indonesia yang melampaui waktu dengan tetap bermartabat. Generasi abad ini mungkin bisa mencontoh konsistensi, disiplin dan tanggung jawab penuh.

Baginya, usia memiliki makna positif terkait dengan tingkat produktivitas seseorang. Panjang umur berarti sukses dalam mencapai kemakmuran. “Kesejahteraan itu bukan hanya lahiriah, tapi batiniah; itu spiritual,” kata pria yang senang berbagi dengan sesama.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/tribunners/2022/11/11/kakek-balatawa-hambali-sang-pahlawan-kehidupan-ungkap-rahasia-sehat-berumur-panjang