Jokowi Tak Hadiri HUT Nasdaq Gara-Gara Anis Kapres? Demikian kata Pengamat. -->

Iklan

Jokowi Tak Hadiri HUT Nasdaq Gara-Gara Anis Kapres? Demikian kata Pengamat.

Rabu, November 09, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan menghadiri perayaan pesta Nasdem ke-11.

Pengamat politik Agung Baskoro menilai absennya Presiden Jokowi dari perayaan Nasdem tak lepas dari keputusan partai pimpinan Surya Paloh untuk mendukung Anis Basedan sebagai calon presiden.

Pasalnya, Presiden Jokowi menghadiri perayaan HUT partai politik lain seperti Golkar dan Perindo.

“Mengingat kehadiran Jokowi di HUT Golkar dan Perindo, sulit untuk tidak mengaitkan absensi Jokowi dengan HUT Nasdaq besok,” kata Agung Baskoro (Tribunnews.com, Rabu (11)/9/2022).

Selain itu, Dirjen Strategi Politik (TPS) Trias menilai selama ini hubungan Presiden Jokowi dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh sangat erat.

Baca juga: Presiden Jokowi Tak Hadiri Acara Nasdem Tahunan, Kenapa?

Apalagi, sejak awal, Nasdaq merupakan pendukung awal periode pertama dan kedua pemerintahan Jokowi.

Agung mencatat tiga fakta terkait dinamika politik antara Nasdem dan Presiden Jokowi.

Artinya, jika realitas politik ini tidak dikelola dengan bijak, maka dapat menimbulkan tiga dampak politik baik bagi Nasdaq maupun Presiden Jokowi.

Pertama, karena Anyus secara de facto dideklarasikan oleh Nasdaq, partai ini dianggap bermain dua kaki atau kurang setia kepada Presiden Jokowi.

Bahkan, Agung Jokowi berharap menjadi badan pertama yang mendorong kelanjutan program atau kebijakan yang sudah atau masih dijalankan setelah tidak lagi memimpin Nasdaq.

“Kedua, ini bisa menjadi sinyal bagi beberapa koalisi pemerintah untuk mengganti presiden menggantikan menteri dari Nasdaq,” katanya.

Kemudian ketiga, memungkinkan berkembangnya potensi 3 sumbu politik pada Pilpres 2024.

Karena ini akan memperkuat Nasdaq, Koalisi Indonesia untuk Perubahan (KPI) dengan Demokrat dan PKS, dan di sisi lain, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Indonesia Raya (KIR) akan semakin kuat.

“Pada titik ini, pedoman bahwa pencalonan Nasdaq untuk Aeneas adalah drama panggung ditolak,” katanya.

Karena ini benar-benar posisi politik untuk memantau hasil kicau Nasdem, karena Ganjar berpihak pada PDIP dan Prabowo berpihak pada KIR (baca: Gerindra) selalu menempatkan ketiganya seperti terlihat pada temuan a survei yang dapat diandalkan. Ganjar, Prabowo dan Anis) sebagai tokoh. Untuk capres top saat ini,” lanjut Agung.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/09/jokowi-tidak-hadir-ke-hut-nasdem-gara-gara-usung-anies-capres-ini-kata-pengamat