Jenderal Andika telah menurunkan tim hukum untuk menemukan bukti dugaan intervensi penambangan liar oleh TNI di Kalimantan Timur. -->

Iklan

Jenderal Andika telah menurunkan tim hukum untuk menemukan bukti dugaan intervensi penambangan liar oleh TNI di Kalimantan Timur.

Sabtu, November 12, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa telah mengirimkan tim kuasa hukum TNI untuk mencari bukti-bukti terkait dokumen yang menunjukkan adanya campur tangan oknum TNI untuk mencegah penindakan penambangan liar di Kaltim.

Tim hukum TNI mengatakan masih mengumpulkan bukti-bukti awal dari instansi terkait.

Saat dihubungi Tribunnews.com pada Sabtu (12/11/2022), ia mengatakan, “Tim hukum TNI masih mengumpulkan bukti permulaan dari instansi terkait.”

Salinan dokumen berjudul Berita Acara Pemeriksaan (LHP) beserta surat dari Mabes Polri, Divisi Profesi dan Keamanan Mabes Polri beredar di media sosial Twitter.

Klasifikasi rahasia tercantum pada salinan dokumen.

Tiga salinan dokumen diunggah oleh akun Twitter @BosPurwa pada 6 November 2022.

Salinan dokumen pertama yang diunggah bernomor dokumen R/1253/IV/WAS/.2.4.2022/Divpropam tertanggal 7 April 2022.

Kemudian, pada salinan ketiga dari dokumen yang dilampirkan, ditandatangani Kabag Profesi dan Pengamanan Polri, Irjen Pol Ferdi Sambo.

Ada tiga poin ringkasan dalam versi ketiga dokumen tersebut.

Salah satunya terkait intervensi substansi TNI.

Baca juga: Dokumen untuk meminta intervensi Panglima TNI dalam penambangan ilegal menanggapi dugaan deposisi untuk Cabarescream

“A Banyak tambang batubara ilegal di Wilkum Polda Kaltim tanpa Izin Usaha Pertambangan (IUP) tapi tidak ada tindakan hukum dari Polsek, Polres, Polda Kaltim dan Bareskrim karena ada uang koordinasi. Terhadap pengusaha tambang batubara ilegal. , Kedekatan Ibu Tan Pauline dan Ibu Lini dengan Peugeot Polda Kaltim serta campur tangan aparat TNI dan Setmilpress.

Tribunnews.com masih berusaha memverifikasi keaslian salinan dokumen tersebut dengan Mabes Polri.

Sementara itu Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga telah memberikan tanggapan di masa lalu.

“Terima kasih atas informasinya. Masalah itu akan saya selidiki dulu,” ujarnya saat dihubungi Tribunnews.com, Senin (7/11/2022).

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/12/jenderal-andika-kerahkan-tim-hukum-cari-bukti-dugaan-intervensi-tambang-ilegal-di-kaltim-oleh-tni