Jajak pendapat PWS: Wong Cilik lebih berpeluang menjadi calon presiden Prabowo. -->

Iklan

Jajak pendapat PWS: Wong Cilik lebih berpeluang menjadi calon presiden Prabowo.

Rabu, November 16, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Lembaga Survei Political Weather Station (PWS). Melakukan survei seberapa populer calon presiden pada pemilu 2024.

Di tahun Dalam survei yang dilakukan pada 4-11 November lalu, masyarakat miskin atau biasa memilih Prabowo Subianto, Ketua Umum DPP Partai Gerindra.

Misalnya, Prabowo menunjukkan 56,2 persen lebih banyak dari kelompok tani. Sementara itu, 38,3 persen responden menyatakan akan memilih calon lain dan 5,4 persen menyatakan tidak tahu.

Peneliti senior PWS Sharazani mengatakan, Selasa (15/11/2022) “Pengalaman Ketua Umum HKTI (Gabungan Petani Indonesia) itu sudah membuat nama Prabowo dekat di hati para petani.”

Baca juga: Video Jokowi Ajak Rashan Prabowo ke 2024, Berharap Surya Paloh Beri Komentar Serupa dengan Anies Basedan

Sementara itu, di kalangan pengangguran, 54,8 persen responden akan memilih Prabowo jika pemilihan presiden digelar hari ini. Kemudian, 40,5 persen responden lebih memilih capres lain dan 4,7 persen tidak menjawab.

Menurut Sharazani, masyarakat yang masih menganggur akan memilih Menteri Pertahanan (Menhan) karena berharap dapat menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

Selain itu, hingga 51,3 persen karyawan memilih Prabowo. Sedangkan 44,3 persen memilih nama lain dan 4,4 persen tidak menjawab.

“Kalau Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra, terpilih sebagai Presiden RI, para buruh sepertinya berharap keamanannya lebih baik,” ujarnya.

Menurut Sharazani, orang lemah cenderung menunjuk Prabowo, karena kondisi ekonomi menjadi alasan untuk mencari pemimpin yang bisa membawa mereka keluar dari krisis kehidupan saat ini. Sebanyak 62,5 persen responden menilai Prabowo bisa membuat keadaan ekonomi Indonesia lebih baik dari sekarang.

Keyakinan ini lebih tinggi dari kandidat lainnya. Misalnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hanya meraih 51,2 persen, sedangkan mantan Gubernur Diki Jakarta Anis Baseda meraih 50,9 persen.

Sementara itu, dalam pertanyaan tertutup terkait preferensi pemilih terhadap 11 calon presiden, Prabowo mendapat dukungan tertinggi sebesar 29,5 persen. Disusul Ganjar (20,9 persen) dan Anis (19,8 persen).

Juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (7,5 persen); Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurthy Yudhoyono atau AHY (4,2 persen); Menteri BUMN Eric Tohir (3,9 persen); Dirjen Kepresidenan Moeldoko (3,8 persen); Menparekraf, Sandiaga Uno (2,8 persen); Ketua DPR Puan Maharani (2,1 persen); Menteri Koordinator Perekonomian Erlanga Hartarto (2 persen); dan Ketua PKB Muhaimin Iskandar (1,1 persen). Sedangkan 2,4 persen responden menyatakan tidak tahu.

Survei tersebut melibatkan 1.200 warga negara Indonesia (WNI) yang berhak memilih dan responden tersebar di 34 provinsi. Pemilihan menggunakan metode systematic random sampling.

Mereka diwawancarai melalui telepon dengan menggunakan kuesioner terpandu. Margin of error (MoE) survei pada tingkat kepercayaan 95 persen adalah sekitar 2,83 persen.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/16/survei-pws-wong-cilik-lebih-jagokan-prabowo-sebagai-presiden