Ekonom UI menilai kemitraan publik-swasta dapat mempercepat swasembada gula -->

Iklan

Ekonom UI menilai kemitraan publik-swasta dapat mempercepat swasembada gula

Senin, November 14, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Ekonom FB Universitas Indonesia Eugenia Mardanugraha mengatakan kerjasama antara pemerintah dan swasta pada tahun 2010. Dia menilai, hal itu merupakan langkah efektif untuk mempercepat target swasembada konsumsi gula pada 2028.

PT Sinergi Gula Nusantara atau Sugar Co optimistis dengan berdirinya perusahaan gula spesialti hasil merger dari beberapa unit usaha Grup PTPN.

“Saya kira ini langkah awal yang baik dengan mendirikan perusahaan gula khusus dari unit bisnis PTPN Group saat ini. Ke depan tinggal bagaimana menghitung bisnisnya dan kemudian memberikannya kepada investor,” kata Eugenia, Senin. 14/11/2022).

Baca juga: Eric Tohir: Kementerian BUMN dorong swasembada gula.

Seperti upaya pemeliharaan besar-besaran BUMN, Eugenia mencatat perbaikan juga dilakukan pada tim PTPN.

Penciptaan gula tebu adalah salah satu langkah penting pertama.

Seluruh unit usaha gula di grup PTPN akan dipisahkan dari perusahaan induknya (spin off) kemudian digabung menjadi satu perusahaan gula.

Konsolidasi akan dilakukan agar perusahaan bisa fokus mengelola bisnis dengan baik.

Perusahaan Gula Eugenia akan menarik investor atau sektor swasta setelah informasi yang lengkap dan rencana bisnis yang akurat.

Dengan demikian, perluasan lahan, pengelolaan lahan tebu, revitalisasi pabrik baru dengan teknologi dapat memenuhi kebutuhan modal.

“Jika Sugar Co berhasil meningkatkan produksi gula, tidak hanya akan mengarah pada swasembada pangan, tetapi juga meningkatkan produksi bahan baku industri dan energi. Sekarang yang utama adalah fokus pada perbaikan manajemen dan strategi bisnis,” jelasnya.

Ke depan, industri gula tidak hanya akan menciptakan swasembada pangan, tetapi juga akan berdampak positif bagi perekonomian secara keseluruhan.

Olahan tebu dapat menghasilkan etanol yang merupakan bahan bakar ramah lingkungan.

Baca juga: Anggota DPR dan akademisi mengatakan akan ada keputusan presiden tentang percepatan swasembada gula.

Dengan demikian, transisi menuju energi baru terbarukan (EBT) yang dicanangkan pemerintah dapat terealisasi secara efektif. Bahkan dalam jangka panjang dapat mengurangi ketergantungan impor BBM.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/11/14/ekonom-ui-nilai-sinergi-pemerintah-dan-swasta-bisa-percepat-swasembada-gula