Dokumen untuk meminta intervensi Panglima TNI dalam penambangan ilegal menanggapi dugaan deposisi untuk Cabarescream -->

Iklan

Dokumen untuk meminta intervensi Panglima TNI dalam penambangan ilegal menanggapi dugaan deposisi untuk Cabarescream

Kamis, November 10, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bereaksi terhadap dugaan campur tangan TNI di Kalimantan Timur terkait penambangan liar.

Sebelumnya, dokumen bernama Berita Acara Pemeriksaan (LHP) beredar di media sosial Twitter, bersama dengan surat dari Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri.

Baca juga: Cabarescream Comgene Agus Treasure, yang diduga menerima simpanan tambang ilegal, terakhir dilaporkan pada 2011.

Klasifikasi rahasia tercantum pada salinan dokumen.

Tiga salinan dokumen itu diunggah ke akun Twitternya @BosPurwa pada 6 November 2022.

Salinan dokumen yang pertama kali diunggah memuat nomor dokumen R/1253/IV/WAS/.2.4.2022/Divpropam tertanggal 7 April 2022.

Kemudian salinan ketiga dari dokumen yang diunggah tersebut ditandatangani oleh Irjen Polri Irjen Ferdi Sambo, Kabag Profesi dan Pengamanan.

Ada tiga poin ringkasan dalam versi ketiga dokumen tersebut.

Salah satunya terkait intervensi substansi TNI.

“Banyak tambang batu bara ilegal di Welkum Polda Kaltim tanpa Izin Usaha Pertambangan (IUP), namun karena koordinasi dari Polsek, Polres, Polda Kaltim dan Bareskrim, belum ada tindakan hukum terhadap pengusaha tambang batu bara ilegal tersebut. Selain kedekatan uang, Ibu Tan Pauline dan Ibu Lini dengan PJU Polda Kaltim, serta campur tangan TNI dan Badan Sekretariat Presiden; Tulis salinan dokumen.

Tribunnews.com masih berusaha memverifikasi keaslian salinan dokumen tersebut dengan Mabes Polri.

Baca juga: Pakar: Kapolri Uji Keberanian Ikuti Instruksi Jokowi di Bareskrim Kasus Tambang Ilegal

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasam bereaksi.

“Terima kasih informasinya. Saya akan selidiki dulu masalahnya,” ujarnya saat dihubungi Tribunnews.com, Senin (11/7/2022).

Kompolnas menjelaskan kepada Itwasum-Propam tentang nama satuan penyidik ​​dalam lingkaran kasus penambangan liar.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/10/panglima-tanggapi-dokumen-sebut-tni-intervensi-tambang-ilegal-hingga-dugaan-setoran-ke-kabareskrim