Di tahun Pada 2014, tiga orang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17. -->

Iklan

Di tahun Pada 2014, tiga orang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17.

Jumat, November 18, 2022

Dunia-Ilmu.comTiga tentara dari pasukan separatis pro-Rusia dinyatakan bersalah di pengadilan Belanda atas pembunuhan 298 orang di dalam pesawat Malaysia Airlines MH17.

diumumkan Para penjagaMalaysia Airlines MH17 Pada tahun 2014, dilaporkan ditembak jatuh oleh rudal udara-ke-udara Rusia saat terbang di atas Ukraina timur.

Warga negara Rusia Igor Girkin dan Sergey Dubinskyv dan warga negara Ukraina Leonid Karchenko dinyatakan bersalah atas pembunuhan.

Mereka dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Telah di laporkan SkyNewsTerdakwa keempat, Oleg Pulatov, dibebaskan setelah pengadilan menemukan bahwa dia tidak mengetahui rencana untuk menembak jatuh rudal udara-ke-udara.

Baca juga: Warga Indonesia yang terlibat kerusuhan Turkish Airlines, Sandiaga Uno menyarankan penyelesaian secara damai

FILE)  Dalam file foto tanggal 11 November 2014 ini, para jurnalis berada di belakang bagian dari penerbangan Malaysia Airlines MH17 sebagai penyelidik Belanda (tidak terlihat) di dekat lokasi kecelakaan dekat desa Grebov di timur Ukraina dan berharap untuk mengumpulkan puing-puing dari Malaysia.  Pesawat itu jatuh pada Juli, menewaskan 298 orang, di daerah yang dikuasai pemberontak di timur Donetsk.  Pengadilan Belanda pada tahun 2010  Pada 17 November 2022, delapan tahun setelah persidangan empat pria yang menembak jatuh penerbangan Malaysia Airlines MH17 di atas Ukraina pada tahun 2014, ketegangan meningkat selama invasi Rusia.  Sebuah Boeing 777 dalam perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur jatuh di Ukraina timur yang dikuasai separatis, menewaskan 298 penumpang dan awaknya.
FILE) Dalam file foto tanggal 11 November 2014 ini, para jurnalis mengendarai bagian belakang pesawat Malaysia Airlines MH17 saat penyelidik Belanda (tidak terlihat) tiba di dekat lokasi kecelakaan di dekat desa Grebov di timur Ukraina, berharap untuk mengumpulkan puing-puing dari penerbangan Malaysia Airlines. Pesawat itu jatuh pada Juli, menewaskan 298 orang, di bagian timur Donetsk yang dikuasai pemberontak. Pengadilan Belanda pada tahun 2010 Pada 17 November 2022, delapan tahun setelah persidangan empat pria yang menembak jatuh penerbangan Malaysia Airlines MH17 di atas Ukraina pada tahun 2014, ketegangan meningkat selama invasi Rusia. Sebuah Boeing 777 dalam perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur jatuh di Ukraina timur yang dikuasai separatis, menewaskan 298 penumpang dan awaknya. (Menahem Kahn/FBC)

Keluarga akan menerima kompensasi

Kompensasi €16 juta (£14 juta) juga akan diberikan kepada anggota keluarga korban.

Jaksa dan tersangka memiliki waktu dua minggu untuk mengajukan banding atas hukuman mereka.

Hakim Hendrik Steenhuis dari Pengadilan Distrik Den Haag menemukan bahwa MH17 ditembak jatuh oleh rudal Buk Rusia yang ditembakkan dari Ukraina timur yang dikuasai Kremlin pada Juli 2014.

“Pengadilan sudah dapat memutuskan bahwa MH17 dijatuhkan oleh rudal Buk yang ditembakkan dari ladang pertanian dekat Pervomaisk[di wilayah Luhansk yang dikuasai Rusia di Ukraina],” kata Stenhuis.

Situasi geopolitik memanas

Pada 17 Juli 2014, sebuah penerbangan Malaysia Airlines ditembak jatuh di timur Ukraina, menewaskan 283 orang di dalamnya dan 15 awak.

Baca juga: Kronologi kerusuhan di pesawat Turkish Airlines dan pilot Lion Air versi polisi adalah sebagai berikut.

Di tahun Insiden tersebut memicu kontroversi geopolitik pada tahun 2014 ketika Rusia melancarkan invasi pertamanya ke Ukraina.

Rusia membantah semua tuduhan itu, tetapi pemerintah Belanda menganggap Moskow harus bertanggung jawab.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/internasional/2022/11/18/soal-penembakan-pesawat-malaysia-airlines-mh17-pada-2014-3-orang-dihukum-penjara-seumur-hidup