BIN menyalurkan bantuan untuk memberikan trauma healing kepada anak-anak warga Komb yang terkena dampak Gempa Sianjur -->

Iklan

BIN menyalurkan bantuan untuk memberikan trauma healing kepada anak-anak warga Komb yang terkena dampak Gempa Sianjur

Rabu, November 23, 2022

Dunia-Ilmu.com, CIANJUR – Tim kemanusiaan Badan Intelijen Negara (BIN) berkoordinasi dan menyalurkan bantuan untuk korban gempa Sianjur di Desa Burangkeng, RT 001/001, Desa Mangunkerta, Rabu (23/11/2022).

Deputi VII BIN, Prabawa Ajie, pada kesempatan itu, pihaknya memberikan bantuan paket sembako siap saji, perlengkapan anak dan dewasa, serta 99 kepala keluarga atau bantuan dana bagi warga Kampung Burangkeng. 300 pengungsi.

“Desa-desa yang terkena dampak gempa ini sangat ketakutan. Mereka belum menerima bantuan untuk saat ini. Bantuan sudah diterima, tapi baru sampai ke desa dan jumlahnya sangat kecil,” kata Ajie di tempat, Rabu (23/ 11/2022). .

Menurut juru bicara BIN, warga mendirikan tenda pengungsian di tengah sawah dan ladang pertanian.

Baca juga: Himpunan Mahasiswa ITB membentuk Satgas Reaksi Cepat untuk menyalurkan bantuan bagi korban gempa Sianjur

Untuk itu, Aji mengatakan masyarakat yang terkena dampak gempa Sianjur harus segera mencari bantuan ke daerah-daerah terpencil.

“Kami akan melaksanakan arahan Kapolri Purnawirawan Budi Gunawan untuk memberikan yang terbaik bagi saudara-saudara kita yang terkena dampak gempa ini,” katanya.

Aji mengatakan, pihaknya akan terus bekerja sama dengan pihak terkait untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada desa-desa yang terdampak gempa Sianjur.

Aji berharap seluruh korban bencana bisa mendapatkan bantuan dari berbagai sumber.

“Kami akan terus berkomunikasi dengan pemangku kepentingan dengan mengutamakan desa-desa yang belum terdampak bantuan. Kami berharap saudara-saudara kita segera mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Menjalankan misi kemanusiaan tersebut, sejak Senin (21/11) atau hari terjadinya gempa, BIN telah mendirikan posko bantuan di Desa Sijedil, Jawa Barat.

Dari situ, tim kemanusiaan BIN mendistribusikan bantuan logistik ke desa-desa yang terdampak gempa Sianjur.

Hingga berita ini diturunkan, BIN telah menampung sedikitnya 300 pengungsi di tenda-tenda dan jumlahnya terus bertambah.

“Hari ini pengungsi bertambah 300 orang. Kemarin sore tim posko memasang tenda tambahan. Sekarang ada 6 tenda. Lima tenda untuk pengungsi, satu tenda untuk pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Baca juga: Sedikitnya 3 gempa kembali terjadi di wilayah Cianjur dan Bogor.

Dalam postingan tersebut, Ajie mengatakan BIN juga bekerja sama dengan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Jabodetabek untuk melakukan trauma treatment bagi anak-anak.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/regional/2022/11/24/sisir-warga-terdampak-gempa-cianjur-bin-bagikan-bantuan-hingga-beri-trauma-healing-ke-anak-anak