BareScream telah diidentifikasi sebagai pelaku penyalahgunaan konten karena menghina Ibu Negara Iriana Jokowi. -->

Iklan

BareScream telah diidentifikasi sebagai pelaku penyalahgunaan konten karena menghina Ibu Negara Iriana Jokowi.

Sabtu, November 19, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Direktorat Tindak Pidana Siber BareScrim Polri mengumumkan penyidik ​​telah mengidentifikasi pelaku yang mengunggah konten yang diduga menghina Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid mengatakan, kasus tersebut sedang dalam penyelidikan.

Namun kini identitas orang yang disebut-sebut melakukan perbuatan tersebut telah terungkap oleh penyidik.

“Masih dalam penyelidikan Pak. Identitas tersangka pelaku sudah kami dapatkan,” kata Vivid saat dikonfirmasi TribuneNews.com, Sabtu (19/11/2022).

Penyidikan atas kasus tersebut berawal dari pengawasan Direktorat Cyber ​​Crime Bareskrim Polri.

Baca juga: Dirtipidsiber Bareskrim: Kasus silang komikus Hina Iriana Jokowi masih dalam penyelidikan.

Tak hanya itu, penyidikan juga dilakukan di seluruh jajaran Direktorat Tindak Pidana Polda se-Indonesia.

“Informasi mengenai kasus tersebut diperoleh tidak hanya dari jajaran Direktorat Reserse Kriminal Mabes Polri, tetapi juga dari hasil patroli siber yang dilakukan di tingkat Direktorat Tindak Pidana Khusus. Dalam hal ini Subdit Siber seluruh Polda se-Indonesia,” ujar Vivid.

Detektif terus melakukan patroli rutin untuk mencegah masyarakat menyebarkan unggahan yang berimplikasi hukum, kata Vivid.

“Patroli ini dilakukan secara rutin agar tidak ada tempat untuk dilalui penduduk,” jelas Vivid.

Baca juga: Oleh komedian Kharisma Jathi, Hina Iriana Jokowi yang kontroversial pernah melontarkan lelucon tak senonoh.

Untuk itu media sosial Vivid People harus hati-hati. Dia menekankan bahwa media sosial harus digunakan untuk tujuan yang baik.

“Oleh karena itu, kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menggunakan medsos untuk hal-hal yang positif, tidak menggunakan SARA, penistaan ​​agama, pornografi, kebencian dan hal-hal negatif lainnya. Jika hal ini terus berlanjut akan kami tangani sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. “

Seperti diberitakan sebelumnya, unggahan komedian Karisma Jati yang dinilai melecehkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) berbuntut panjang. Sekarang Barescream Polly turun tangan untuk mengejar para penjahat.

Direktur Cybercrime BareScream Polri Brigjen Adi Vivid mengatakan, pihaknya sedang mendalami identitas pelaku yang diduga menghina Iriana Jokowi di media sosial.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/19/bareskrim-sudah-kantongi-identitas-pengunggah-konten-dugaan-penghinaan-ibu-negara-iriana-jokowi