Anis Baswedan Sering Diasosiasikan dengan Politik Identitas, Wakil Ketua PKB: Rekam Jejaknya Mana? -->

Iklan

Anis Baswedan Sering Diasosiasikan dengan Politik Identitas, Wakil Ketua PKB: Rekam Jejaknya Mana?

Rabu, November 23, 2022
Anis Baswedan Sering Diasosiasikan dengan Politik Identitas, Wakil Ketua PKB: Rekam Jejaknya Mana?

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Jazilul Fawaid menanggapi maraknya postingan politik identitas mantan Gubernur Diki Jakarta Anies Baswedan.

 

Nama Anis Basedan cukup dikenal, kerap dikaitkan dengan politik identitas, terutama jelang Pemilu 2024.

 

Menanggapi hal tersebut, Jazilul menanyakan riwayat Anius Basvod terkait isu politik identitas.

 

“Di mana politik identitas Pak Anis, di mana sejarah politik identitas Pak Anis? Hal ini harus saya sampaikan agar tidak ada kesalahpahaman,” kata Jazilul kepada awak media saat rapat di DPR/MPR RI bangunan. Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2022).

 

Jazilul menegaskan, meski PKB saat ini bersahabat dengan Gerindra dan tidak memiliki hubungan dekat dengan Anius Baswedan, ia tidak sependapat dengan isu tersebut.

 

Yang dia tahu hanyalah sejarah Anis selama menjadi aktivis, akademisi, dan terakhir sebagai Gubernur Diki Jakarta.

 

Karenanya, Jezilul menganggap isu politik identitas yang berkembang hanyalah upaya lawan politik untuk membungkam Anas Baswed.

 

“Lihat dulu dia jadi gubernur atau aktivis, itu tidak masalah. Menurut saya, ada semacam kebusukan di diri Pak Anius,” kata Jazilul.

 

Tak hanya Anies Baswedan, Jezilul menyebut Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto itu kerap dikaitkan dengan politik identitas.

 

Namun, pihaknya dengan tegas menyatakan PKB tidak akan main-main dalam urusan ini, karena hanya akan memperburuk situasi politik di tanah air.

 

Tapi kami (PKB) tidak menyalahkan kelompok lain yang menggunakannya (politik identitas) karena ini membuat suasana politik semakin memanas.

Selain itu, Jezilul Fawaid menilai isu agama masih menjadi korban karena dianggap terkait dengan politik identitas.

 

Jazilul mengatakan hal itu menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa capres dan cawapres tidak boleh menggunakan politik identitas.

 

Baca juga: Jokowi mengingatkan capres dan cawapres untuk tidak menggunakan politik identitas

 

“Lebih dari itu, saya kira kita harus mewaspadai bahaya mempolitisasi hukum dan mempolitisasi modal,” katanya.

 

Menurutnya, politik identitas yang melibatkan agama tidak murni, ada yang mendanai dan punya skenario.

 

“Memang semua kelompok agama ini ingin menyebarkan perdamaian. Kalau satu kelompok agama mendukung kekerasan, saya kira akan ada yang memerintahkannya,” ujarnya.

 

“Sekarang ini harus dicari atas nama agama, begitu juga dalam politik modal, pemegang kekuasaan yang menguasai modal sedikit sekali, dan ini harus diurus,” kata Wakil Ketua MPR RI itu. .

 

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/23/anies-baswedan-kerap-dikaitkan-politik-identitas-wakil-ketua-umum-pkb-di-mana-rekam-jejaknya