2 Partai Terpanggil untuk Bergabung dalam Aliansi Gerindra-PKB, PDIP: Kami Tidak Akan Menutup Diri -->

Iklan

2 Partai Terpanggil untuk Bergabung dalam Aliansi Gerindra-PKB, PDIP: Kami Tidak Akan Menutup Diri

Sabtu, November 05, 2022

Dunia-Ilmu.com, JAKARTA – Sekjen PDIP Hasto Cristianto bereaksi atas kabar dua parpol akan bergabung dalam koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) bentukan Partai Gerindra dan PKB.

Hasto mengatakan, pihaknya sudah dekat dengan partai binaan Prabowo Subianto dan partai binaan Abdul Muhaimin Iskandar atau Kak Emin.

Karena itu, ia menjelaskan, pihaknya tidak pernah menutup diri untuk menghindari hubungan dengan organisasi politik manapun.

“Ya kalau kita komunikasi terus menerus pasti kita lakukan. Kita adalah pihak yang tidak pernah menutup diri, kita adalah pihak yang menyulut semangat gotong royong untuk bangsa dan negara,” kata Hasto saat ditemui di Hotel Borobudur di Jakarta. , Jumat (4/11/2022).

Namun, kata Hasto, ada baiknya menanyakan kepada PKB dan Gerindra tentang tanda-tanda penggabungan dua parpol tersebut.

“Ya tentu saya tanya teman-teman dari PKB, tapi pada prinsipnya ada penguatan kekuatan politik dalam proses ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan ada dua parpol yang terindikasi akan bergabung dengan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) bentukan Partai Gerindra dan PKB.

Muzani melanjutkan, kedua partai tersebut merupakan partai yang memiliki kursi di parlemen.

Muzani mengatakan di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta Rabu (2/11/2022) “Kalau bisa tiga sampai empat parpol insya Allah bisa bergabung dalam koalisi Gerindra dan PKB, yang bisa ditambah satu sampai dua parpol lagi.” .

Muzani tidak merinci dua partai yang dimaksud, namun yang jelas, menurut dia, adalah partai di parlemen.

Wakil Ketua MPR RI mengaku sudah melakukan pembicaraan dengan kedua parpol tersebut, namun masih fleksibel.

Baca juga: Isyarat Perbanyak Koalisi, Gerindra Jalin Hubungan dengan Dua Parpol Parlemen

“(Tandanya nanti) tapi insya Allah ada pembicaraan, dan warna-warna mulai terlihat di kejauhan. Kadang gelap lagi, kadang cerah seperti itu lagi,” ujarnya.

Muzani juga menegaskan bahwa aliansi Gerindra-PKB merupakan aliansi terbuka bagi semua partai politik.

Ia mengatakan, hal itu sejalan dengan prinsip Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang ingin lebih banyak partai bergabung dengan KIR untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Prinsip Pak Prabowo sama, Indonesia sangat besar, Republik Indonesia sangat luas, penduduknya 270 juta jiwa, jadi pengelolaan negara sebesar itu harus dengan kekuatan besar, termasuk kekuatan partai politik. “Tidak cukup dipimpin dua partai, tiga partai belum tentu mampu, karena lebih banyak akan lebih baik,” katanya.

Sumber artikel =https://www.tribunnews.com/nasional/2022/11/05/2-partai-disebut-bakal-gabung-koalisi-gerindra-pkb-pdip-kita-tak-tutup-diri